Penerapan Ergonomi Dalam Desain Kursi dan Meja Jahit Untuk Perusahaan Konveksi (Studi Kasus di Ampera Jaya Konveksi Turen-Malang)

Nugraha, Risal (2006) Penerapan Ergonomi Dalam Desain Kursi dan Meja Jahit Untuk Perusahaan Konveksi (Studi Kasus di Ampera Jaya Konveksi Turen-Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Penerapan_Ergonomi_Dalam_Desain_Kursi_danMeja_Jahit_Untuk_Perusahaan_Konveksi.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Kursi dan meja jahit yang dipergunakan selama ini kurang sesuai dengan dimensi tubuh para pekerja jahit perempuan, sehingga mereka sering mengalami kelelahan dalam melakukan aktifitas menjahitnya. Kelelahan yang dialami oleh para pekerja jahit jika dibiarkan akan mengalami ketegangan dan peradangan pada sistem jaringan ototnya. Jadi untuk meminimalisasi kelelahan yang terjadi dan untuk meningkatkan kenyamanan dalam melakukan aktifitas menjahit maka perlu didesain kursi dan meja jahit yang sesuai dengan antropometri dan ilmu ergonomi. Desain ini dibuat berdasarkan ilmu ergonomi yang pernah dipelajari diperguruan tinggi, dengan menggunakan metode persentile sebagai acuan perhitungan dari data antropometri. Adapun cara atau alur dari metpen ini adalah : judul, study literature ( diambil dari internet, jurnal, dan reverensi ), survei lapangan, mencari rumusan masalah, mengambil data antropometri, lalu membuat uji kecukupan data ( jika uji data ini sudah mencukupi maka dapat dilanjutkan ), lalu membuat rancangan meja dan kursi sesuai data yang sudah diolah dengan menggunakan rumus-rumus persetile, setelah semua selesai kita membuat kesimpulan dan saran. Perancangan kursi dan meja jahit ini dibuat dengan sample sebanyak 15 orang pekerja jahit perempuan, dengan cara menghitung persentile antropometri mereka maka kita mendapatkan ukuran yang akan digunakan dalam perancangan yang sesuai dengan anthropometri dan ilmu ergonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:45
Last Modified: 24 Jul 2012 03:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item