STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA DALAM USAHANYA MENINGKATKAN PEMAKAIAN JASA KERETA API KELAS EKSEKUTIF(Studi Pada Humas P.T K.A.I Stasiun Surabaya-Gubeng)

Nirwana, Mochamad Risa (2006) STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA DALAM USAHANYA MENINGKATKAN PEMAKAIAN JASA KERETA API KELAS EKSEKUTIF(Studi Pada Humas P.T K.A.I Stasiun Surabaya-Gubeng). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_HUMAS_PT.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Keywords: Strategi Humas, Pemakaian Jasa Kereta Api. Sekarang ini kebutuhan manusia akan alat transportasi sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari, pertama banyaknya reservasi/ pemesanan tiket. Kedua semakin menjamurnya bisnis transportasi. Perusahaan-perusahaan transportasi semakin kompetitif dalam menggaet calon pelanggan dalam hal ini penumpang. Untuk itulah sudah seharusnya Humas harus bisa merumuskan formula strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan dengan pihak lain dan berperan serta dalam menangani problem perusahaan karena humas sendiri adalah bagian dari sebuah perusahaan yang diwakilinya dimanapun posisinya baik top, middle maupun low. Ketika perusahaan mengalami situsi krisis atau permasalahan disinilah Humas harus berupaya menjalankan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh pihak Humas P.T Kereta Api Indonesia dalam meningkatkan pemakaian jasa Kereta Api Kelas Eksekutif Jurusan Surabaya-Jakarta.Fokus Penelitian ini ditujukan pada strategi Humas P.T Kereta Api Indonesia stasiun Surabaya-Gubeng dalam rangka meningkatkan pemakaian jasa kereta Api kelas Eksekutif jurusan Jakarta-Surabaya. Menurut Ahmad S. Adnanputra, (Muslimin, 2004:62) seorang ahli Humas mendefinisikan strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar dari proses manajemen. Sebagaimana kita pahami bahwa secara lengkap pengertian manajemen, selain unsur perencanan, juga terdapat unsur pengorganisiran (organizing), termasuk strukturisasi, pengawakan (staffing), dan pengarahan (directing) dan pengendalian (controlling) agar tujuan bersama dapat tercapai dengan baik, serta tidak terjadi penyimpangan dari apa yang direncanakan semula Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Tipe penelitian ini adalah deskriptif.Informan penelitian sebanyak 2 orang.. Teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah teknik analisa data kualitatif karena data-data yang diperoleh bukan merupakan angka-angka melainkan jawaban-jawaban atas kalimat-kalimat sehingga peneliti menafsirkan dan menggambarkan jawaban tersebut ke dalam bentuk diskriptif .Dalam menguji keabsahan data yang telah dikumpulkan, peneliti akan melakukan teknik trianggulasi sumber, dan didapat 3 informan lagi. Pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Humas K.AI stasiun Surabaya-Gubeng saat ini mencanangkan lima pedoman strategi yaitu, respon, relation, relevan, on call dan detail. Penerapan Strategi selama ini difokuskan untuk menggarap costumer dan calon costumernya sebagai pemakai jasa dari kereta api. Selama ini Humas K.A.I senantiasa memberikan pemahaman bahwa terdapat kemudahan dan keuntungan bila menggunakan kereta api kelas eksekutif. Tiket bisa dibeli 30 hari sebelumnya. Kemudian Humas menginformasikan juga mengenai perkembangan teknologi yang sekarang ini diterapkan oleh K.A.I yaitu mengenai stasiun on line dan computer ticketing. Dengan membuat publikasi tentang kemudahan-kemudahan dan keuntungan diharapkan masyarakat sebagai publik sasaran akhirnya mau menjatuhkan pilihan pada kereta api.Target strategi Humas K.A.I Stasiun Surabaya-Gubeng adalah menjaring costumer dan calon costumer dengan sebanyak-banyaknya.Tujuan strategi Humas K.A.I adalah bisa membuat image positif dan mempromosikan kereta api kesegenap lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Selama ini metode penerapan strategi Humas K.A.I stasiun Surabaya-Gubeng adalah dengan melakukan interaksi langsung dengan penumpang (costumer) guna memperoleh masukan sebagai proses identifikasi. Isi (content) dari selebaran dengan gaya bahasa yang memberikan informasi tapi mempunyai maksud untuk memancing hasrat calon penumpang agar memilih kereta api. Humas K.A.I stasiun Surabaya-Gubeng mengibaratkan dirinya sebagai sebuah kran yang dilewati air karena mereka akan selalu menyampaikan masukan kepada pihak manajemen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:14
Last Modified: 24 Jul 2012 03:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item