ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL (KUK) DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PACITAN (TAHUN 2002-2005)

Manafi, Ratna Asfiana (2006) ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL (KUK) DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PACITAN (TAHUN 2002-2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_TINGKAT_EFEKTIVITAS_PEMBERIAN_KREDITUSAHA_KECIL_%28KUK%29_DI_BANK_RAKYAT_INDONESIACABANG_PACITAN_%28TAHUN_2002-2005%29.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kuantitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk angka-angka yang kemudian di analisis, diklasifikasikan dan diinterpretasikan dalam bentuk uraian dalam judul Analisis Tingkat Efektivitas Pemberian kredit Usaha Kecil (KUK) di Bank Rakyat Indonesia Cabang Pacitan (tahun 2002-2005). Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perkembangan kredit usaha kecil di BRI Cabang Pacitan (tahun 2002-2005) dan menganalisa apakah pemberian kredit usaha tersebut sudah efektif. Alat analisis yang penulis gunakan adalah deskriktif, analisis LDR dan analisis NPL. Deskriktif yaitu memberikan gambaran secara sistematis mengenai fenomena yang di tulis, yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan masalah yang di identifikasikan. Rasio kredit (Loan to Deposit Ratio) imtuk mengtikur posisi kemampuan bank di dalam memenuhi segala bentuk kewajibannya baik yang berasal dari penyaluran kredit maupun pengambilan simpanan nasabah. NPL (Non Performing Loan) untuk mengukur seberapa besar kredit-kredit yang tidak memiliki performance baik. Berdasarkan hasil analisa di peroleh kesimpulan bahwa perkembangan kredit dari tahun 2002-2005 tidak mengalami gejolak yang sama dalam artian setiap periode triwulannya tidak menentu sehingga dapat di lihat perkembangan kredit selalu mengalami kenaikan dan penurunan. Tingkat likuiditas BRI Cabang Pacitan tahun 2002-2005 dalam batas aman dan NPL yang di capai dalam tahap sehat tidak melebihi standart BI. Dapat dikatakan bahwa BRI Cabang Pacitan sangat efektif dalam pemberian kredit maupun di dalam memenuhi kewajibanya. Dari kesimpulan penulis dapat mengimplikasikan hasil penelitian ini yaitu dalam menyalurkan kredit kepada masyarakat, diharapkan BRI Cabang Pacitan meningkatkan kemampuan usaha masyarakat, memantapkan kegiatan dan meningkatkan modal sehingga dapat meningkat penghasilan masyarakat dengan membiayai usaha-usaha yang produktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:05
Last Modified: 24 Jul 2012 03:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item