PENILAIAN KINERJA PUSAT LABA DENGAN METODE CAMEL PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Dan Bank Mega Syariah)

Malita, Bunga Madiyah Rinda (2006) PENILAIAN KINERJA PUSAT LABA DENGAN METODE CAMEL PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Dan Bank Mega Syariah). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENILAIAN_KINERJA_PUSAT_LABA_DENGAN_METODE_CAMEL_PADA_BANK_UMUM_SYARIAH.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang besifat diskriptif dengan pendekatan kualitatif ini yang dilakukan pada bank umum syariah. Bank umum Syariah yang terdaftar pada Bank Indonesia adalah Bank Muamalat Indonesia, Bank syariah Mandiri dan Bank Syariah Mega. Yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalahbagaimana efektifitas dan efisiensi kinerja pusat laba dengan metode CAMEL? Rasio yang digunakan untuk mengukur adalah rasio ROA dan BOPO periode 2002-2005. Realitas hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja rasio ROA yang paling efektif adan efisien adalah Bank Syariah Mandiri. Sedangkan pada Bank Syariah Mega dinyatakan paling kurang efektif dan efisien.Hal ini dikarenakan Bank Syariah Mandiri hampir selalu mencapai rasio maksimal yaitu 5%. Sedangkan Bank Syariah mega mengalami penuruna kinerja pada tahun 2005, rasionya menuru. hingga di bawah standar yang ditetapkan bank Indonesia. Standar rasio angka yang ditetapkan Bank Indonesia adalah 0,5%. Rasio BOPO pada ketiga Bank Umum Syariah dinyatakan efektif dan efisien. Kerena rasio ketiga bank tersebut pada 4 tahun terakhir dapat mencapai angka maksimal yaitu 5 %. Rasio bersih CAMEL yang maksimal pada setiap tahunnya menunjukkan kinerja laba opersasional bank umum syariah sangat memuaskan. Standar rasio angka BOPO yang ditetapkan bank Indonesia adalah kurang dari 96%. This is are descriptive research using qualitative methodic which on Syariah Banking. Syariah Banking which register on Indonesia Central Bank is Bank Muamalat Indonesia, Bank syariah Mandiri dan Bank Syariah Mega. Which examined in this research is how affectivity and efficiency performance profit center using CAMEL method? Ratio which used to measure is ROA and BOPO periodic 2002-2005. Reality research result is in ROA ratio the best performance effective and efficiency is Bank Syariah Mandiri. Although worst performance are effective and efficiency is Bank Syariah Mega. Cauce Bank Syariah Mandiri majority ratio are maximal ratio is 5%. Although Bank Syariah Mega has decreasing performance in 2005, This ratio decreasing until under Indonesia Central Bank standard. This standard to ROA is 0,5%. Ratio BOPO in tree Syariah Bank is effective and efficiency. Because all syariah bank in 4 year early can get maximal ratio is 5%. Net ratio BOPO maximal in every year descript operational performance Syariah bank really satisfied. Standard ratio BOPO which Indonesia Central Bank is under 96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:03
Last Modified: 24 Jul 2012 03:03
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item