PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN LABA, DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN PERTUMBUHAN RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICE EARNING RATIO SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ

SOMANTRI, NOVY KURNIAWATI (2006) PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN LABA, DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN PERTUMBUHAN RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICE EARNING RATIO SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TINGKAT_PERTUMBUHAN_LABA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Explanatory pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan judul “Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Laba, Dividend Payout Ratio, Dan Pertumbuhan Return On Equity terhadap Price Earning ratio Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar Di Bursa Efek Jakarta “. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pertumbuhan laba, dividend payout ratio, dan pertumbuhan return on equity secara simultan terhadap price earning ratio; serta untuk mengetahui pengaruh tingkat pertumbuhan laba, dividend payout ratio, dan pertumbuhan return on equity secara partial terhadap price earning ratio. Dalam Penelitian ini penulis mengambil empat hipotesis, yaitu : bahwa terdapat pengaruh secara simultan faktor-faktor tingkat pertumbuhan laba, dividend payout ratio, dan pertumbuhan return on equity terhadap PER ; terdapat pengaruh secara partial antara faktor tingkat pertumbuhan laba terhadap PER; terdapat pengaruh secara partial antara faktor DPR terhadap PER; serta terdapat pengaruh secara partial antara pertumbuhan ROE terhadap PER. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan masing-masing faktor yang diteliti terhadap PER, penulis menggunakan metode regresi linier berganda. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji F-test dan Uji t-test. Tolok ukur yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis yaitu untuk uji F, jika nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (F hitung < F tabel ) ; sedangkan untuk uji t, jika nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (t hitung < t tabel ) atau – t hitung lebih besar dari – t tabel (-t hitung > - t tabel ). Hasil perhitungan dengan menggunakan alat regresi linier berganda diperoleh Y = 12,530 – 14,386 X1 + 0,007 X2 + 16,046 X3 + e ; sedangkan hasil dari pengujian hipotesis dengan uji F-test diperoleh Fhitung < Ftabel sebesar (0,121 < 2,934); sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan Uji t-test untuk tingkat pertumbuhan laba sebesar -0,462 > -2,045 (-t hitung > -t tabel); untuk dividend payout ratio sebesar 0,030 < 2,045 (t hitung < t tabel) ; untuk pertumbuhan return on equity sebesar 0,539 < 2,045 (t hitung < t tabel). Dari hasil analisis tersebut, sesuai dengan tolok ukur yang digunakan, maka pengaruh tingkat pertumbuhan laba,dividend payout ratio, dan pertumbuhan return on equity secara simultan dan secara partial terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya pihak emiten berusaha untuk menghasilkan kinerja perusahaan yang sehat sehingga dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:02
Last Modified: 24 Jul 2012 03:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item