ANALISA BIAYA DAN PENDAPATAN INDUSTRI RUMAH TANGGA LEDRE PISANG (Studi kasus di Desa Gapluk Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro)

Makruf, Anas (2006) ANALISA BIAYA DAN PENDAPATAN INDUSTRI RUMAH TANGGA LEDRE PISANG (Studi kasus di Desa Gapluk Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_BIAYA_DAN_PENDAPATAN_INDUSTRI_RUMAH_TANGGA_LEDRE_PISANG.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Ledre pisang merupakan produk olahan makanan pertanian pangan yang umumnya diproduksi oleh industri rumah tangga dan mendapat tempat di masyarakat. Dengan adanya industri rumah tangga pembuat ledre pisang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga dan memerlukan pengembangan yang lebih lanjut karena pengembangan industri rumah-rumah tangga akan mampu mendorong perkembangan industri lainya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana struktur biaya produksi industri rumah tangga ledre pisang, (2) Berapa pendapatan produksi industri rumah tangga ledre pisang, (3) Bagaimana efisiensi ekonomis industri rumah tangga ledre pisang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur biaya, pendapatan, dan efisiensi industri rumah tangga ledre pisang di Desa Gapluk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu semua industri rumah tangga ledre pisang yang da ditempat sentra produksi, dijadikan responden dengan pertimbangan hanya ada 15 industri rumah tangga sehingga sangat memungkinkan ditinjau dari segi biaya, waktu, dan tenaga kerja. Data yang diambil adalah data primer dan data skunder, dimana data primer yaitu data yang diperoleh dari pengusaha ledre pisang dengan wawancara langsung dengan pemilik usaha, sedangkan data skunder adalah data yang diperoleh dari catatan, literature dan instansi terkait yang berguna untuk kelengkapan data. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa pendapatan dan analisa biaya yang bersifat kuantitatif, dimana untuk analisa pendapatan dan analisa biaya digunakan untuk mengetahui total biaya, penerimaan, dan pendapatan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui keuntungan yang diperoleh pengusaha ledre pisang rata-rata sebesar Rp 36.233,88/proses produksi dengan penerimaan rata-rata sebesar Rp 67.680 dan biaya pengolahan rata-rata Rp 23.936,5/satu kali proses produksi. Adapun tingkat efisiensi pada pengusaha ledre pisang rata-rata sebesar 2,83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:02
Last Modified: 24 Jul 2012 03:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item