ANALISIS POSITIONING BANK CENTRAL ASIA, BANK NEGARA INDONESIA 46, BANK MANDIRI, DAN BANK RAKYAT INDONESIA DARI SISI KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

NURYUNINGSIH, NURYUNINGSIH (2006) ANALISIS POSITIONING BANK CENTRAL ASIA, BANK NEGARA INDONESIA 46, BANK MANDIRI, DAN BANK RAKYAT INDONESIA DARI SISI KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_POSITIONING_BANK_CENTRAL_ASIA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian survey, dengan judul ”Analisis Positioning Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia 46, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia Dari Sisi Konsumen. (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen tentang positioning Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia 46, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia, untuk mengetahui peta persepsi konsumen tentang positioning Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia 46, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia, dan untuk mengetahui strategi Respositioning yang tepat bagi bank yang berada pada posisi terbawah. Alat yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuisioner tertutup yang diisi oleh responden dengan cara mengisi dan memberi tanda tertentu pada jawaban yang dipilih. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kualitatif, kemudian dari data tersebut diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan Skala Linkert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan multi dimensional scalling. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen tentang positioning menunjukkan Bank Central Asia dipersepsikan oleh konsumen memiliki keunggulan pada variabel; Jumlah ATM,, Pelayanan yang dijanjikan, Teknologi, ATM dengan menu beragam,Phone Banking dapat mengatasi masalah, jumlah Customer Service,Penampilan karyawan, dan pelayanan Customer Service dengan cepat dan efisien. Bank Negara Indonesia 46 dipersepsikan konsumen memiliki keunggulan pada variabel; Mobile Banking, Internet Banking, Phone banking 24 jam sehari, pelayanan Customer Service yang ramah, dan karyawan membantu nasabah. Bank Mandiri dipersepsikan oleh konsumen memiliki keunggulan pada variabel; tingkat suku bunga, hadiah, ruang tunggu, Phone Banking bebas pulsa, dan proses kredit. Bank Rakyat Indonesia dipersepsikan oleh konsumen memiliki keunggulan pada variabel; tabungan pendidikan, jumlah cabang, dan pembukaan rekening baru. Peta persepsi menunjukkan keempat Bank tersebut terletak pada kuadran yang berbeda. Repositioning harus dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada pada kwadran negatif. Berdasarkan kesimpulan hasil analisis, penulis dapat memberikan saran sebagai berikut: Bank harus memperhatikan variabel-variabel yang terletak pada kuadaran positif (+). Kebijakan dalam penentuan positioning kompetisi yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada pada kwadran negatif, dalam hal ini dikhususkan untuk pendekatan diferensiasi dalam Positioning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 02:53
Last Modified: 24 Jul 2012 02:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item