UJI PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH (ZPT) ABITONIK TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI DAMAR (Agathis loranthifolia Salibs)

NURLAILAH, SITI (2006) UJI PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH (ZPT) ABITONIK TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI DAMAR (Agathis loranthifolia Salibs). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UJI_PEMBERIAN_DOSIS_PUPUK_MAJEMUK_NPK_DAN_KONSENTRASI_ZAT_PENGATUR_TUMBUH.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dosis pupuk majemuk NPK dan konsentrasi ZPT abitonik terhadap pertumbuhan bibit damar. Penelitian dilaksanakan di green house (kebun percobaan), Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang dengan ketinggian 560 dpl. Penelitian ini mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2005. Adapun peubah yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter tanaman, jumlah daun, bobot basah tanaman, bobot kering tanaman, dan panjang akar dapat dilakukan pada akhir pengamatan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial terdiri dari dua faktor yaitu Faktor I : Dosis pupuk majemuk (D) terdiri 3 level yaitu D1 : Pupuk majemuk NPK 1,5 gr, D2 : Pupuk majemuk NPK 3 gr, D3 : Pupuk majemuk NPK 4,5 gr. Faktor II : Konsetrasi zat pengatur tumbuh Abitonik (E) terdiri 4 level yaitu Eo : 0 ml (control), E1 : Konsentrasi 4cc/ I air , E2 : Konsentrasi 6cc/ I air, E3 : Konsentrasi 8cc/ I air. Hasil pengukuran terhadap peubah yang diamati di lakukan analisis ragam kemudian Uji Duncan taraf 5 %. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa terjadi interaksi antara perlakuan dosis pupuk majemuk NPK dan konsentrasi ZPT abitonik terhadap tinggi tanaman pada umur 42 dan 63 hst, jumlah daun dan diameter pada umur 35 hst, sedangkan pada umur lainnya tidak terjadi interaksi begitu pula dengan panjang akar, bobot basah dan bobot kering. Perlakuan dosis pupuk majemuk NPK 1,5 gr cenderung menghasilkan nilai tertinggi dibandingkan dengan dosis yang lainnya. Hal ini dikarenakan dosis yang diberikan mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman tersebut. Perlakuan konsentrasi ZPT abitonik tidak memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap pertumbuhan bibit damar. Konsentrasi yang diberikan masih belum memberikan porsi yang tepat untuk memacu pertumbuhan parameter tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 02:38
Last Modified: 24 Jul 2012 02:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item