PENGARUH PENAMBAHAN KALIUM DAN SORBITOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) PADA KONDISI CEKAMAN AIR

NURITASARI, IKA (2006) PENGARUH PENAMBAHAN KALIUM DAN SORBITOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) PADA KONDISI CEKAMAN AIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENAMBAHAN_KALIUM.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan kalium dan sorbitol terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) pada kondisi cekaman air. Penelitian ini dilakukan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan September 2005-Februari 2006. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Split plot, yang terdiri dari dua faktor yaitu kalium sebagai petak utama dan sorbitol sebagai anak petak, masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Pengamatan dilakukan sejak tanaman berumur 7 hari setelah tanam (HST), dengan interval 7 hari untuk parameter pertumbuhan, 3 hari untuk jumlah bunga dan buah, dan 7 hari untuk jumlah buah dan berat buah tiap panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara penambahan kalium dan sorbitol terhadap semua parameter pertumbuhan dan hasil pada semua umur pengamatan kecuali pada parameter tinggi tanaman umur 28 dan 42 HST, dan jumlah daun umur 21 HST masing-masing menghasilkan perlakuan K3S3 (kalium 200 kg/ha dan sorbitol 28 ml/l) sebagai perlakuan terbaik. Sedangkan pada parameter hasil, interaksi hanya terjadi pada parameter jumlah buah umur 84 HST, yang menghasilkan perlakuan K1S3 (kalium 100 kg/ha dan sorbitol 28 ml/l)sebagai perlakuan terbaik. Secara terpisah penambahan kalium meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) pada parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, dan luas daun, sedangkan penambahannya pada parameter hasil tidak berpengaruh. Penyemprotan sorbitol meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) pada parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, dan diameter batang, sedangkan penambahannya pada parameter hasil tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 02:37
Last Modified: 24 Jul 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12820

Actions (login required)

View Item View Item