PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM DAN KEAGENAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta)

Maidiyawati, Linda (2006) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM DAN KEAGENAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_STRUKTUR_KEPEMILIKAN_SAHAM__DAN_KEAGENAN_TERHADAP_KEBIJAKAN_UTANG__PERUSAHAAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitain ini merupakan kausal komparatif dengan judul ”Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Dan Keagenan Terhadap Kebijakan Utang Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta Periode 2000 – 2004)”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan saham (kepemilikan manajerial) dan keagenan Dividend Payout Ratio (DPR), ukuran perusahaan, dan struktur aset) terhadap kebijakan utang perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kebijakan utang perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 157 Perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kriteria pengambilan sampel yang ditetapkan dalam penelitian tersebut adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta secara konsisten tahun 2000-2004, perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan secara konsisten tahun 2000-2004, perusahaan manufaktur yang membayarkan deviden secara kontinyu mulai tahun 2000-2004. sampel penelitian ini sebanyak 14 emiten. Alat analisis yang yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan regresi yaitu Kebijakan Utang = -1,1709 + 1,0814 Manajerial – 1,2366 DPR + 1,5631 Ukuran Perusahaan + 2,2063 Struktur Aset. Penelitian inio menunjukkan tidak terjadi pelanggaran asumsi klasik. Koefisien determinasi sebesar 0,48 atau 48%. Fhitung mempunyai nilai 16,936 dengan nilai Signifikan F sebesar 0,000, secara simultan struktur kepemilikan saham dan keagenan (kepemilikan manajerial, DPR, ukuran perusahaan dan struktur aset) berpengaruh terhadap kebijakan utang. Secara parsial, variabel Kepemilikan Manajerial memiliki nilai t hitung sebesar 0,104 menunjukkankan bahwa tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan utang. Variabel Deviden Payout Ratio memiliki nilai t hitung sebesar -1,975 menunjukkan tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang. Variabel ukuran perusahaan memiliki nilai t hitung sebesar 2,968 menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap kebijkan utang. Variabel struktur aset memiliki nilai t hitung sebesar 7,350 menunjukkan berpengaruh postif terhadap kebijkan utang. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kebijakan utang adalah struktur asset

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 02:01
Last Modified: 24 Jul 2012 02:01
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item