STUDI KELAYAKAN DIVERSIFIKASI PRODUK GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PERUSAHAAN MEUBEL PT. “LINA JAYA” KANDANGAN KEDIRI

MUSYAROFAH, ANI (2006) STUDI KELAYAKAN DIVERSIFIKASI PRODUK GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PERUSAHAAN MEUBEL PT. “LINA JAYA” KANDANGAN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_KELAYAKAN_DIVERSIFIKASI_PRODUK_GUNA_MENINGKATKANPENDAPATAN_PADA_PERUSAHAAN_MEUBEL_PT.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Perusahaan dituntut untuk selalu peka terhadap perubahan lingkungan yang terjadi dan diharapkan mampu untuk menyusun dan melaksanakan strategi yang tepat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Oleh karena itu perusahaan harus memahami bagaimana bersaing dalam bisnis yang digelutinya. Pada sisi yang lain konsumen semakin lama semakin selektif dalam melakukan proses pembelian atas suatu produk. Salah satu upaya untuk memenangkan persaingan adalah dengan cara melakukan penganekaragaman atau diversifikasi produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah usulan mengenai diversifikasi produk pada perusahaan meubel “Lina Jaya” Kandangan Kediri layak dilaksanakan atau tidak layak untuk dilaksanakan. Sedangkan kegunaan penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan mengenai kebijakan diversifikasi produk yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: hasil analisis keuangan yang terdiri dari payback period, net present value, internal rate of return, profitability indeks, average rate of return menunjukkan bahwa rencana perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk layak untuk dilaksanakan.Hasil analisis aspek manajemen menunjukkan bahwa struktur organisasi dalam perusahaan telah menggambarkan secara jelas dan tegas mengenai tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh masing-masing bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan. Hasil analisis aspek hukum menunjukkan bahwa Perusahaan Meubel “Lina Jaya” Kandangan Kediri memiliki legalitas usaha dari proyek yang jelas sehingga dapat mendukung proses atas pelaksanaan proyek yang akan dilakukan. Hasil analisis aspek ekonomi dan sosial ini akan dilakukan penilaian atas dampak yang ditimbulkan sebagai akibat dari adanya proyek terutama adanya kesempatan kerja baru dan menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan penyerapan tenaga kerja yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu Perusahaan diharapkan segera untuk merealisasikan rencana diversifikasi produk yang telah ditetapkan. Perusahaan diharapkan mengadakan pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap setiap kegiatan proses produksi berlangsung yang akan memberikan dampak yang positif terhadap tingkat efisien dan efektifitas perusahaan. Dalam memenuhi target yang telah ditetapkan melalui pelaksanaan diversifikasi produk, maka diharapkan perusahaan juga harus memperhatikan tingkat kualitas produk. Bagaimanapun kualitas atau mutu produk merupakan jaminan untuk diterima atau ditolak suatu produk oleh pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 Jul 2012 01:16
Last Modified: 24 Jul 2012 01:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item