PERENCANAAN KOMBINASI JUMLAH DAN JENIS PRODUK YANG OPTIMAL DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING (STUDI KASUS : PT. PABRIK KERTAS BASUKI RACHMAT BANYUWANGI)

MUSLIKH, M IRFAN (2006) PERENCANAAN KOMBINASI JUMLAH DAN JENIS PRODUK YANG OPTIMAL DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING (STUDI KASUS : PT. PABRIK KERTAS BASUKI RACHMAT BANYUWANGI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_KOMBINASI_JUMLAH_DAN_JENIS_PRODUKYANG_OPTIMAL_DENGANMETODE_LINIER_PROGRAMMING.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT. Pabrik Kertas Basuki Rachmat merupakan perusahaan swasta panghasil kertas yang bergerak dalam bidang manufaktur yang bertipe job shop yang memproduksi sesuai dengan order/pesanan. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah penentuan jumlah dan jenis produksi yang kurang tepat, hal ini diketahui dari produksi yang dilakukan hanya berdasarkan perkiraan dari pemasaran saja sehingga mengakibatkan keuntungan yang diperoleh peusahaan kurang optimal. Masalah ini timbul karena belum diketahuinya kombinasi jumlah produksi yang paling menguntungkan perusahaan. Dalam penelitian tugas akhir ini menerapkan kombinasi jumlah jenis dan jumlah produk yang optimal untuk meningkatkan keuntungan dengan metode Linier Programming. Hasil perencanaan kombinasi jumlah jenis dan jumlah produk dengan metode usulan yaitu : Linier Programming yang menggunakan bantuan QS (Quantitative System) akan dibandingkan dengan kombinasi jumlah jenis dan jumlah produk sebelum menggunakan metode usulan. Dari hasil pengolahan data diperoleh Total Keuntungan sebelum analisa sebesar Rp 6.204.060.900,- dan Total Keuntungan setelah analisa sebesar Rp 7.859.780.736,-. Mengalami peningkatan Total Keuntungan sebesar 26,69 % yaitu Rp 1.655.719.836,-.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 06:46
Last Modified: 23 Jul 2012 06:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item