PERANCANGAN RUMAH KUALITAS (HOUSE OF QUALITY – HOQ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA KAIN SARUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDY KASUS PERUSAHAAN TENUN “PELANGI” LAWANG, MALANG)

NURHANISAH, NURHANISAH (2006) PERANCANGAN RUMAH KUALITAS (HOUSE OF QUALITY – HOQ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA KAIN SARUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDY KASUS PERUSAHAAN TENUN “PELANGI” LAWANG, MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN_RUMAH_KUALITAS.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Tenun Pelangi Lawang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri tenun yang memproduksi kain sarung dengan merk “Salwa”. Kondisi penjualan yang tidak efektif dimana masih ada data penjualan yang cenderung naik turun,merupakan masalah bagi perusahaan untuk memperbaiki kualitas produk yang dihasilkannya. Maka terhadap permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas keinginan konsumen yang perlu dikembangkan dan menentukan respon teknis yang harus diperbaiki serta merancang Rumah Kualitas (HOQ). Dari kondisi tersebut maka diperlukan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Metode Quality Function Deployment (QFD) merupakan salah satu metode yang membahas mengenai peningkatan kualitas suatu produk berdasarkan suara konsumen (Voice of Customer) yang kemudian oleh tim pengembang kualitas diterjemahkan ke dalam perbaikan/penyesuaian karakteristik atribut produk (respon teknis). Sehingga dengan metode ini perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Dari hasil penelitian, keinginan konsumen yang diprioritaskan untuk dikembangkan berdasarkan Rating bobot Raw Weight pada kain sarung merk “SALWA” adalah Nyaman dipakai pada suhu < 250 dengan nilai 4,86. Sedangkan Respon Teknis yang diprioritaskan agar diperbaiki dan ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan konsumen terhadap kain sarung merk “SALWA” adalah Kualitas Bahan Utama dengan nilai 16%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 05:51
Last Modified: 23 Jul 2012 05:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item