PERENCANAAN HOQ DENGAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA PERBAIKAN KUALITAS PRODUK RAKET DALAM MEMENUHI HARAPAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Raket Abadi, Sukun-Malang)

NUR HAYATI, ELLY (2006) PERENCANAAN HOQ DENGAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA PERBAIKAN KUALITAS PRODUK RAKET DALAM MEMENUHI HARAPAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Raket Abadi, Sukun-Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_HOQ_DENGAN_METODE_QFD.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Raket Abadi yang berlokasi di daerah Sukun-Malang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi raket bulutangkis. Dengan adanya perusahaan yang sama di daerah tersebut yang juga menawarkan produk raket yang beragam warna dan harganya maka pihak konsumen akan semakin mudah dalam menentukan pilihannya dan tentunya persaingan produk raket akan semakin ketat. Hal tersebut menyebabkan permintaan produk raket terhadap Perusahaan Raket Abadi menjadi berkurang, dan otomatis produksi produk raket mengalami penurunan sehingga Perusahaan Raket Abadi akan mengalami kerugian. Selain itu data permintaan produk raket Abadi dari bulan ke bulan sangat fluktuatif . Oleh karena itu, perusahaan Raket Abadi harus meningkatkan kualitas produk raketnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran produk raket Abadi tersebut. Selain itu permintaan produk raket Abadi akan semakin meningkat pula. Untuk merencanakan kualitas dan pengembangan produk, perusahaan harus mampu melakukan Competitive Benchmarking. Proses ini dengan menentukan produk pesaing yang lebih berkualitas sebagai tolak ukur untuk peningkatan kualitas pada produk raket Abadi. Salah satu cara yang dilakukan untuk perencanaan kualitas dan pengembangan produk adalah dengan metode Quality Function Deployment (QFD) agar perusahaan bisa bersaing. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa atribut yang memperoleh prioritas utama bagi pelanggan adalah diantaranya mata ayam dari jenis plastik yang kuat dan tangkai raket tidak mudah patah, selain itu respon teknis yang dipentingkan oleh perusahaan adalah diantaranya bungkus handle dari kain spon dan raket tidak menggunakan sambungan T. Selain itu didapat harga untuk desain baru sebesar Rp 19.300,- dengan harga jual Rp 22.500,- didapat harga lebih murah Rp 1.300,- dibandingkan raket desain lama yaitu sebesar Rp 20.600,- dengan harga jual Rp 25.000,-.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 05:39
Last Modified: 23 Jul 2012 05:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item