PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN DAN KOMPOSISI CAMPURAN (BENSIN DAN ETANOL) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA YANG MENGGUNAKAN VACUUM TUBE

NUGROHO, EKA SAPTYANTO (2006) PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN DAN KOMPOSISI CAMPURAN (BENSIN DAN ETANOL) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA YANG MENGGUNAKAN VACUUM TUBE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_VARIASI_PUTARAN_MESIN_DAN_KOMPOSISI_CAMPURAN.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Bahan bakar fosil adalah salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Selain itu penambahan aditif TEL pada bahan bakar fosil menghasilkan polusi yang membahayakan bagi kesehatan. Oleh sebab itu diperlukan bahan bakar lain yang lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan. Etanol merupakan salah satu bahan bakar yang dapat digunakan seluruhnya maupun ditambahkan pada bensin yang dapat menaikkan nilai oktan tanpa menimbulkan polusi yang membahayakan. Penelitian ini nantinya diharapkan mampu memberikan alternatif bahan bakar lain yang tidak menimbulkan polutan yang membahayakan manusia dan yang bersifat dapat diperbaharui. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan cara membandingkan konsumsi bahan bakar (SFC) dan emisi gas buang (CO, O2, CO2) pada motor bensin empat langkah yang menggunakan vacuum tube tipe POSH dengan variasi bahan bakar campuran (bensin dan etanol) dengan yang menggunakan bensin murni. Dari penelitan yang dilakukan diketahui bahwa komposisi (campuran bensin dan ethanol) mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik dan mengurangi emisi gas CO yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:32
Last Modified: 23 Jul 2012 03:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12746

Actions (login required)

View Item View Item