ANALISIS BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA (Studi Kasus Pada Hotel Nirwana Nganjuk)

MP., RYCKE. (2006) ANALISIS BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA (Studi Kasus Pada Hotel Nirwana Nganjuk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
e.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berisikan paparan atau data yang relevan dari hasil penelitian pada obyek penelitian pada Hotel Nirwana Nganjuk, dengan alamat Jl. Surabaya Madiun No. 147 Nganjuk dengan judul “Analisis Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja (Studi Kasus Pada Hotel Nirwana Nganjuk)”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kinerja Hotel Nirwana Nganjuk diukur dengan balanced scorecard. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi pihak hotel yaitu sebagai masukan bagi pihak hotel dalam hal pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard. Tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah time series analysis dan cross section analysis. Time series analysis yaitu melakukan analisis berdasarkan runtun atau rentang waktu. Dengan kata lain, hasil perhitungan Balanced Scorecard (BSC) dibandingkan dari periode ke periode. Adapun untuk cross section analysis dengan melakukan perbandingan dengan rata-rata rasio industri khususnya untuk perspektif keuangan hotel. Hasil analisis perspektif keuangan dapat diperoleh hasil bahwa indikator yang digunakan menunjukkan bahwa kinerja pada perusahaan dapat dinilai baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengukuran kedua indikator yang digunakan yang meliputi sales growth rate dan profit margin on sale menunjukkan terjadinya kenaikan prosentase untuk setiap tahunnya dan secara langsung menunjukkan adanya peningkatan laba yang telah dicapai perusahaan. Dalam perspektif pelanggan yang meliputi number of complain, customer retention dan customer acquisition menunjukkan bahwa secara umum perusahaan mampu untuk memberikan kepuasan yang maksimal kepada para tamu hotel. Berdasarkan perspektif bisnis internal menunjukkan bahwa kinerja perusahaan sudah cukup baik, hal tersebut dibuktikan dari pengukuran quality of palace yang menunjukkan bawa selama tahun 2003 samapai 2005 menunujukkan semakin efektifnya penggunaan fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, khususnya pada indikator training menunjukkan selama tahun 2003 sampai 2005 perusahaan semakin menghargai atas kualitas sumber daya manusia yang ada yaitu dengan adanya peningkatan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan. Berdasarkan hasil analisis dari hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran yaitu sebagai berikut: bagi pihak hotel diharapkan lebih memperhatikan atas jaminan keamanan para konsumen atau tamu hotel, mengadakan pengawasan terhadap lingkungan sekitar hotel, melaksanakan perbaikan kondisi fisik sarana dan prasarana yang ada dan meningkatkan rasa kedisiplinan para karyawan sehingga mampu menekan jumlah atau tingkat absensi Bagi kreditur diharapkan sebelum melakukan investasi kepada hotel untuk memberikan penilaian atas kinerja hotel. Bagi pihak lain dalam hal ini adalah peneliti selanjutnya menggunakan metode yang lain dalam memberikan penilaian atas prestasi kerja hotel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:20
Last Modified: 23 Jul 2012 03:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item