PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSSHIPMENT UNTUK MEMINIMASI BIAYA DISTRIBUSI PRODUK DI CV. AGRISETA MANDIRI BATU, MALANG

NOVIANA, ELTIKA (2006) PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSSHIPMENT UNTUK MEMINIMASI BIAYA DISTRIBUSI PRODUK DI CV. AGRISETA MANDIRI BATU, MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_JALUR_DISTRIBUSI_DENGANMENGGUNAKAN_METODE_TRANSSHIPMENT_UNTUKMEMINIMASI_BIAYA_DISTRIBUSI_PRODUK_DICV.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Cv Agriseta Mandiri Batu, Malang adalah perusahaan yang memproduksi Jenang Apel dengan merk Bagus Agriseta untuk daerah pemasaran di Malang. Pada penelitian ini hanya menganalisa untuk wilayah pemasaran Bumiaji dan Malang. Perusahaan memanfaatkan 2 gudang dimana kebutuhan untuk tiap-tiap lokasi pemasaran dialokasikan langsung dari gudang tersebut dengan kondisi bahwa masing-masing gudang mengalokasikan sesuai dengan permintaan dari tiap-tiap wilayah pemasaran. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang sangat besar, karena masing-masing gudang masih harus mensupply untuk tiap alokasi pemasaran. Penelitian ini sendiri diajukan untuk mengkaji pola jalur distibusi yang lebih baik sehingga biaya pengiriman dapat diminimumkan. Model Transshipment adalah model yang digunakan untuk perencanaan pola jalur distribusi dengan analisa jarak tempuh sebelumnya sehingga suatu sumber dapat berperan sebagai suatu tujuan dan sebaliknya suatu tujuan dapat berperan sebagai sumber. Analisa diawali oleh peramalan dengan metode Trend Linier dan Trend Eksponensial. Penggunaanya dipilh berdasarkan MAPE terkecil untuk meramalkan rencana Minggu ke-10 – Minggu ke-12. Selanjutnya perhitungan analisa dengan menggunakan metode VAM dan MODI dengan bantuan program QS. Pola jalur distribusi sebelum dilakukan analisa total biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 2.565.000,00. Dan setelah dilakukan analisa perencanaan, memberikan pola distribusi usulan dengan total biaya pengiriman adalah sebesar Rp. 1.724.350,00, sehingga penghematan yang didapatkan sebesar Rp. 840.650,00.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:14
Last Modified: 23 Jul 2012 03:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

View Item View Item