RESPON PERTUMBUHAN STEK CABANG CEMARA UDANG (Casuarina equisetifolia L.) DARI BERBAGAI DIAMETER DAN KONSENTRASI LARUTAN ZPT NAA

MOCHAMMAD, FAJAR NOER (2006) RESPON PERTUMBUHAN STEK CABANG CEMARA UDANG (Casuarina equisetifolia L.) DARI BERBAGAI DIAMETER DAN KONSENTRASI LARUTAN ZPT NAA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
RESPON_PERTUMBUHAN_STEK_CABANG_CEMARA_UDANG.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pertumbuhan stek cemara udang (Casuarina equisetifolia L.) dari berbagai diameter cabang dan konsentrasi larutan ZPT NAA Bahan yang digunakan adalah stek cemara udang, ZPT NAA, media tanam tanah berpasir, alkohol 70%, aquadest dan polybag. Alat-alat yang digunakan palu, pisau okulasi, gunting stek, ember, timbangan, gelas ukur, beaker glass, dan alat tulis (pensil, bulpen, penggaris). Dalam melakukan penelitian ini rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial dengan menggunakan dua faktor. Faktor I besar diameter (D) yang terdiri dari 4 level yaitu 1 mm (D1); 2 mm (D2); 3 mm (D3); 4 mm (D4). Faktor II konsentrasi ZPT NAA (E) yang terdiri dari 4 level yaitu 200 ppm(E1); 400 ppm (E2); 600 ppm (E3); 800 ppm (E4). Dari kedua faktor tersebut didapatkan 16 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, setiap kombinasi perlakuan terdiri dari 10 stek, sehingga didapatkan jumlah stek yaitu 4 x 4 x 3 x 10 = 480 stek. Untuk mengetahui perbedaan perlakuan yang diteliti dilakukan uji lanjut yang menggunakan uji BNT 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan diameter stek cabang dan konsentrasi larutan ZPT NAA terjadi interaksi terhadap peubah panjang akar. Perlakuan besar diameter menunujukkan pengaruh sangat nyata pada besar diameter stek cabang 2 mm terhadap peubah jumlah tunas dan besar diameter stek cabang 4 mm terhadap peubah jumlah akar dan panjang akar. Perlakuan konsentrasi larutan ZPT NAA menunjukkan pengaruh sangat nyata pada konsentrasi larutan 800 ppm terhadap peubah panjang akar. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan besar diameter yang lebih besar dan perlu penelitian lebih lanjut dengan menggunakan zat pengatur tumbuh dengan jenis dan konsentrasi larutan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:14
Last Modified: 23 Jul 2012 03:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item