PENGARUH LAMA PENYIMPANAN BENIH DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN SEMAI GAMAL (Gliricidia sepium (Jacq) Steud)

MOCHAMAD, CHOLIK (2006) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN BENIH DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN SEMAI GAMAL (Gliricidia sepium (Jacq) Steud). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_LAMA_PENYIMPANAN_BENIH_DAN_MEDIA_TANAMTERHADAP_PERKECAMBAHAN_DAN_PERTUMBUHANSEMAI_GAMAL.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan benih dan media tanam yang tepat bagi pertumbuhan tanaman gamal (Gliricidia sepium (Jacq) Steud). Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok dengan 2 faktor yaitu I : lama penyimpanan benih (P), ada 4 level perlakuan yaitu 30 hari (P2), 20 hari (P2), 10 hari (P3) dan 0 hari ( kontrol ) (P4) dan faktor II : media tanam (M), ada 3 level perlakuan yaitu tanah + pasir + sekam padi (M1), tanah + pasir + kompos (M2), tanah + pasir + limbah jamur (M3) dengan perbandingan 1:1:1. Data penelitian dari setiap parameter pengamatan diuji menggunakan uji analisis ragam dengan taraf 5% dan taraf 1% dan untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan satu dengan perlakuan yang lainnya digunakan uji Duncan 5%. Penelitian dilaksanakan di green house, Fakultas Pertanian Universitas Muhammdiyah Malang, Malang. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Desember 2005 sampai dengan bulan Maret 2006. Dari hasil penelitian dan analisis statistik menunjukkan bahwa pengaruh lama penyimpanan benih dan media tanam terhadap pertumbuhan gamal (G. sepium (Jacq) Steud) terjadi interaksi pada peubah jumlah daun, jumlah akar dan bobot basah tanaman. Untuk peubah persentase perkecambahan benih, tinggi tanaman, diameter tanaman dan bobot kering tanaman tidak terjadi interaksi. Hal ini diduga lama penyimpanan benih membuktikan bahwa semakin lama benih disimpan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Kombinasi dari kadar air yang rendah, tempat penyimpanan tertutup dan temperatur yang rendah merupakan kondisi penyimpanan yang paling baik dari kebanyakan jenis benih (Lita, 1988). Sedangkan media tanam yang baik adalah yang dapat mendukung pertumbuhan dan kehidupan tanaman. Oleh karena itu, media tersebut harus memenuhi berbagai persyaratan yaitu dapat dijadikan tempat berpijak tanaman, mampu mengikat air dan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, mempunyai drainase aerasi yang baik (Agoes, 1994 dalam Karyati,1996). Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa lama penyimpanan benih 0 hari (P4) berpengaruh positif terhadap perkecambahan benih dan pertumbuhan semai gamal (G. sepium (Jacq) Steud), komposisi media tanam yang mempergunakan campuran tanah, pasir, dan kompos (M2) dengan perbandingan 1:1:1 merupakan media yang baik untuk pertumbuhan semai gamal (G. sepium (Jacq) Steud).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:12
Last Modified: 23 Jul 2012 03:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item