PENGARUH INFUS BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT BAKTERI Aeromonas hydropyla YANG DI ISOLASI DARI IKAN LELE (Siluriformes) Secara In Vitro

MIRNAWATI, DWI (2006) PENGARUH INFUS BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT BAKTERI Aeromonas hydropyla YANG DI ISOLASI DARI IKAN LELE (Siluriformes) Secara In Vitro. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_INFUS_BUAH_MENGKUDU.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Pengobatan dengan menggunakan tumbuhan yang mempunyai khasiat obat sudah lama dikenal, cara ini dikenal dengan cara tradisional. Kelebihan pengobatan cara tradisional adalah kecilnya efek samping yang ditimbulkan selain itu tumbuh-tumbuhan yang digunakan mudah dan murah untuk diperoleh. Pengobatan ikan secara tradisional yang jarang dilakukan oleh para petani ikan mendorong penelitian ini dibuat dengan cara memanfaatkan buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Alternatif pengobatan tradisional dengan menggunakan infus buah mengkudu (Morinda citrifolia L) yang dilakukan karena pada buah mengkudu mempunyai senyawa yang berkhasiat sebagai obat, antara lain antraquinon (sebagai zat anti bakteri). Data diameter zona hambat bakteri Aeromonas hydropyla dengan pemberian infus mengkudu (Morinda citrifolia L) diuji dengan uji normalitas (uji Liliefors). Kemudian dilanjutkan dengan uji barlett (uji homogenitas). Dan selanjutnya dilakukan uji Liliefors dan uji Barlett, data yang diperoleh berdistribusi normal dan varian datanya homogen, untuk itu data dianalisis dengan anava satu jalur. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilayah berganda Duncan’s, maka didapatkan konsentrasi infus buah mengkudu yang paling efektif dalam membentuk diameter zona hambat pertumbuhan bakteri Aeromonas hydropyla adalah konsentrasi 100%. Diperoleh hasil Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa infus buah mengkudu (Morinda citrifolia L) dengan konsentrasi yang berbeda dapat memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan bakteri Aeromonas hydropyla yaitu dengan terbentuknya diameter zona hambat pada masing-masing perlakuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 03:09
Last Modified: 23 Jul 2012 03:09
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item