PERENCANAAN AGREGAT DAN JADWAL INDUK PRODUKSI DENGAN METODE LINIER GOAL PROGRAMING UNTUK MINIMASI OVERTIME DAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus Pada CV.Amaly Food, Gresik)

MERLIYANTI, RENNY (2006) PERENCANAAN AGREGAT DAN JADWAL INDUK PRODUKSI DENGAN METODE LINIER GOAL PROGRAMING UNTUK MINIMASI OVERTIME DAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus Pada CV.Amaly Food, Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_AGREGAT_DAN_JADWAL_INDUK_PRODUKSIDENGAN_METODE_LINIER_GOAL_PROGRAMING_UNTUK_MINIMASIOVERTIME_DAN_BIAYA_PRODUKSI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Perencanaan agregat dilakukan untuk dapat menentukan suatu rencana produksi berdasarkan permintaan dengan memanfaatkan kapasitas produksi dan tenaga kerja. Proses ini bersifat kuantitatif dengan menyelaraskan pengaturan waktu selama periode waktu tertentu. Dari sebuah rencana agregat dapat dibuat Jadwal Induk Produksi. Perencanaan Agregat dan Jadwal Induk Produksi akan dibuat untuk CV.Amaly Food, Gresik pada 6 periode yang akan datang. Linier Goal Programming adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk membuat rencana agregat dan selanjutnya menjadi sebuah Jadwal Induk Produksi. Didalamnya terdapat Variabel Keputusan dan Variabel Simpangan yang disimbolkan dengan d dan d sebagai indicator terhadap terjadinya penyimpangan dari prioritas atau goal yang ingin dicapai. Hasil Perencanaan Agregat dan Jadwal Induk Produksi dengan menggunakan Metode Linier Goal Programming dapat meminimasi overtime sebesar 3504 jam atau penggunaan kapasitas overtime hanya 27,31 % dari 85 % kapasitas overtime yang tersedia. Sedangkan minimasi biaya produksi sebesar Rp 3.444.000,00 atau 4,09 % dari biaya produksi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:57
Last Modified: 23 Jul 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item