EFEKTIFITAS IRINGAN MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD

NISITA, INDRIASTRI (2006) EFEKTIFITAS IRINGAN MUSIK KLASIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EFEKTIFITAS_IRINGAN_MUSIK_KLASIK_TERHADAP_PRESTASI_BELAJAR_MATERI_OPERASI_HITUNG_PECAHAN_PADA_SISWA_KELAS_IV_SD.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran matematika menggunakan metakognitif, (2) perubahan perilaku belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metakognitif dan (3) hasil prestasi siswa setelah pembelajaran menggunakan metakognitif. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain berbentuk praeksperimen. Artinya desain pretest-postes tanpa ada kelas kontrol dengan sampelnya adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Gratitunon. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data-data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil pre-tes dan post-tes siswa, hasil observasi terhadap aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, dan hasil angket perubahan perilaku belajar siswa. Teknik analisis datanya dengan menggunakan uji- t dengan program SPSS dan deskriptif. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran metakognitif dari hasil pengamatan aktivitas guru masih tinggi dibandingkan aktivitas siswanya, (2) strategi pembelajaran matematika menggunakan metakognitif berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gratitunon, (3) Pembelajaran metakognitif ini tidak berpengaruh pada perubahan perilaku belajar siswa SMPN 1 Gartitunon, dikarenakan terlalu singkatnya waktu pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:56
Last Modified: 23 Jul 2012 02:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item