PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BANGKALAN

NISA', KHOIRUN (2006) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BANGKALAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENDIDIKAN_ORANG_TUA_TERHADAP_MOTIVASIBELAJAR_SISWA_DALAM_MATA_PELAJARAN_AQIDAH_AKHLAKDI_MADRASAH_ALIYAH_NEGERI_BANGKALAN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang dimaksud adalah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu dalam mencapai suatu tujuan. Dalam penelitian ini, motivasi belajar lebih difokuskan pada mata pelajaran aqidah akhlak. Semakin tinggi pendidikan dan wawasan yang dimiliki orang tua sehingga dapat berpengaruh dalam mendidik anak yang pada akhirnya meningkatkan motivasi belajar anak ke arah yang lebih baik. Untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak maka dilakukan penelitian untuk menguji hipotesis : ­ Hipotesis Kerja yakni ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dala mata pelajaran aqidah akhlak. ­Hipotesis Nihil yakni tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini diadakan di MAN Bangkalan yang merupakan sebuah Madrasah Aliyah Model atas dukungan pemerintah pusat dan daerah setempat dengan jumlah siswa yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi, dan interview untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Disamping itu, peneliti menggunakan teknik purposive random sampling dalam menentukan responden penelitian. Setelah data diperoleh melalui metode dan teknik tersebut, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dari analisa data diperoleh prosentase tingkat pendidikan orang tua siswa cukup baik, yakni B = 61,70% lebih besar dari nilai K = 38,30% dan prosentase motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak, yakni B = 53,19% lebih besar dari nilai K = 46,81% dengan hasil perhitungan koefisien korelasi (rxy) = 0,645 yang terletak antara nilai 0,600­0,800. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Bangkalan mempunyai pengaruh yang cukup tinggi. Kesimpulannya adalah dengan adanya pengaruh tingkat pendidikan orang tua siswa di MAN Bangkalan dapat memotivasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran aqidah akhlak, sehingga hal ini akan mendorong terjadinya perubahan pada tingkah laku sisiwa ke arah yang positif dan terpuji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:54
Last Modified: 23 Jul 2012 02:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item