ANALISIS EKSPOR INDUSTRI MANUFAKTUR ATAS PERUBAHAN KURS RUPIAH TERHADAP DOLLAR AS (Studi Di Propinsi Jawa Timur)

NIRWANTO, INDRA (2006) ANALISIS EKSPOR INDUSTRI MANUFAKTUR ATAS PERUBAHAN KURS RUPIAH TERHADAP DOLLAR AS (Studi Di Propinsi Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_EKSPOR_INDUSTRI_MANUFAKTUR_ATASPERUBAHAN_KURS_RUPIAH_TERHADAP_DOLLAR_AS%28_Studi_Di_Propinsi_Jawa_Timur_%29.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian Analisis Ekspor Industri Manufaktur atas Perubahan Kurs Rupiah terhadap Dollar AS ( Studi di Propinsi Jawa Timur) . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan ekspor industri manufaktur, dan kurs rupiah/dollar AS serta untuk mengetahui pengaruh kurs rupiah/dollar terhadap ekspor industri manufaktur di Jawa Timur. Dalam penelitian ini penulis mengambil suatu hipotesa yaitu Diduga ada pengaruh antara perubahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dengan perkembangan ekspor industri manufaktur khususnya di Jawa Timur. Alat analisa yang digunakan adalah analisa regresi sederhana, uji-t, uji ekonometri yaitu uji penyimpangan klasik yang meliputi uji autokorelasi dan heterokedastisitas. Hasil penelitian dan pengamatan adalah sebagai berikut: perdagangan luar negeri Jawa Timur mengalami peningkatan sebesar 23.8% dengan nilai ekspor sebesar 5.772,6 US$ dan ini terjadi antara tahun 1999/2000. Angka deficit terbesar Jawa timur jika dilihat dari neraca maka terjadi pada tahun 1997 dengan angka deficit sebesar 3.097,5 juta US$. Mitra dagang utama ekspor Jawa Timur yang terbesar adalah Negara Jepang yaitu sebesar 40%. Dari hasil pengujian regresi diperoleh bahwa regresi dari nilai tukar sebesar 109.40057, sedangkan t-tabel sebesar 2,036 dan t-hitung sebesar 3,55 sehingga Ho ditolak dan Hi diterima maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai ekspor industri manufaktur yang ada di Jawa Timur dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Dari hasil pengujian setelah dilakukan perbaikan autokorelasi maka nilai regresi dari nilai tukar adalah sebesar 109.20867, sedangkan t-tabel sebesar 2,039 dan t-hitung sebesar 2,26 sehingga Ho ditolak dan Hi diterima maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai ekspor industri manufaktur yang ada di Jawa Timur dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Dari hasil R2, Adjusted R2 squared yang diperoleh adalah sebesar 0.113395 sehingga dapat dikatakan bahwa 11.5% kontribusi variabel bebas (X1) adalah dapat mempengaruhi perubahan nilai ekspor industri manufaktur yang ada di Jawa Timur (Y). Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perlu adanya informasi yang akurat dan menunjang dalam kegiatan ekspor sehingga nantinya tidak ada factor penghambat maju mundurnya eskpor industri manufaktur. Melakukan promosi-promosi ke luar negeri sehingga produk kita akan dikenal oleh masayarakat Negara lain. Adanya kelancaran mengenai masalah administrasi dan pemberian fasilitas serta para pelaku bisnis itu harus bisa membaca peluang sehingga kegiatan yang dilakukan akan menguntungkan. Para pelaku bisnis hendaknya mengeksploitase berbagai keunggulan nasional dengan menggunakan teknologi ciptaan sendiri serta membuat konsep kontrak dagang ekspor yang rapi dan teliti yang memuat ketentuan perlindungan hukum sehingga nantinya dapat memberikan keuntungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:50
Last Modified: 23 Jul 2012 02:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item