PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK CENGKEH (Syzygium aromaticum (Linn) Merr.) TERHADAP PERTUMBUHAN Colletotricum sp.SECARA IN VITRO

NINDARTI, ARIN (2006) PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK CENGKEH (Syzygium aromaticum (Linn) Merr.) TERHADAP PERTUMBUHAN Colletotricum sp.SECARA IN VITRO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENGGUNAAN_EKSTRAK_CENGKEH.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Colletotricum sp. adalah jenis jamur yang termasuk famili Melaconiceae merupakan penyebab dari penyakit antraknos, serangan Colletotricum sp. mengakibatkan tunas mati, daun kering seperti terbakar dan jika Colletotricum sp. menyerang pada buah yang ada di pohon menyebabkan buah busuk kering dan gugur sebelum tua. Gejala yang ditimbulkan akibat Colletotricum sp. ini adalah bercak atau bintik warna hitam agak cekung dan sedikit retak pada permukaan kulit buah, daun dan bunga. Infeksi penyakit antraknos ini akan tetap aktif pada masa penyimpanan buah dan sayuran yang mengakibatkan penurunan kualitas sayuran dan buah- buahan sehingga harga jualnya menjadi rendah. Penggunaan fungisida sintetik dalam mengatasi penyakit antraknos banyak mengakibatkan efek samping, sehingga penggunaan fungisida nabati merupakan alternatif yang aman bagi lingkungan dan ekosistem sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaaruh pemberian ekstrak cengkeh (Syzygium aromaticum (Linn) Merr.) dan konsentrasi yang tepat dalam menghambat pertumbuhan Colletotricum sp. Parameter yang digunakan adalah luas diameter zona hambat Colletotricum sp. setelah diberi ekstrak cengkeh dengan melihat daerah bening disekitar paper disk. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen nyata dengan menggunakan RAL, yang terdiri atas 6 perlakuan yaitu konsentrasi 1%, 2%, 3%, 4%, 5%, 6% dengan 4 kali ulangan dan menggunakan kontrol delsene sebagai pembanding di antara perlakuan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biologi Bagian Mikrobiologi Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 8 Agustus sampai dengan 15 Oktober 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian konsentrasi ekstrak cengkeh terhadap perbedaan zona hambat Colletotricum sp. Dari Analisis BNT taraf 1% diperoleh bahwa pada masing-masing konsentrasi menunjukkan selisih zona hambat yang sangat kecil karena interval tiap perlakuan juga sangat kecil dan ekstrak cengkeh ekstrak cengkeh (Syzygium aromaticum (Linn) Merr.) pada konsentrasi 6% memberikan pengaruh yang paling efektif terhadap zona hambat pertumbuhan Colletotricum sp. secara in vitro, karena zona hambat yang terbentuk hampir menyamai dengan zona hambat yang terbentuk akibat pemberian delsene (kontrol).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:40
Last Modified: 23 Jul 2012 02:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item