ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN NASABAH BERTRANSAKSI MELALUI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (Studi pada Pengguna Mesin ATM BNI 46 di Kota Malang)

NAZARUDIN, DEDY (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN NASABAH BERTRANSAKSI MELALUI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (Studi pada Pengguna Mesin ATM BNI 46 di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_FAKTO3.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Perubahan perilaku konsumen menyebabkan manajemen pemasaran dituntut untuk selalu memperbarui pengenalan terhadap konsumennya, menilai kembali kebutuhan-kebutuhan mereka dimasa sekarang dan juga memperkirakan kebutuhan konsumen dimasa yang akan datang. Untuk itu sangat penting bagi pihak manajemen bank BNI 46 untuk dapat lebih memahami perilaku konsumen pengguna jasa pelayanannya. Karena pemahaman tentang keinginan konsumen tersebut menjadikan pihak bank tahu keinginan para konsumen, sehingga pihak bank mudah dalam pengambilan kebijakan pelayanan bank. Perumusan masalah dalan penelitian ini adalah: 1) faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46?, 2) faktor mana yang mempunyai pengaruh paling dominan mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46, 2) untuk mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46. Hipotesis sebagai jawaban sementara dalam penelitian ini yaitu: 1) faktor promosi, pelayanan, gaya hidup, keluarga, kelompok acuan, kepercayaan, hal ini merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46, 2) faktor pelayanan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor yaitu digunakan untuk mereduksi atau meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan memberi nama faktor yang berisi sejumlah variabel yang saling berkaitan. Hasil analisis faktor diperoleh lima faktor yang mempengaruhi nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46, yaitu faktor promosi, pelayanan, gaya hidup, keluarga, kelompok acuan, kepercayaan. Jadi hipotesis I yang menyatakan “faktor promosi, pelayanan, gaya hidup, keluarga, kelompok acuan, kepercayaan yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46” diterima. Untuk menegtahui faktor yang dominan yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46 dilihat dari besarnya nilai communalities bahwa variabel informasi yang terdapat pada faktor pelayanan mempunyai nilai sebesar 0,815, sehingga dapat disimpulkan faktor 2 (pelayanan) adalah faktor dominan yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan mesin ATM BNI 46.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:37
Last Modified: 23 Jul 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item