PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUKU CADANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ (Economic Order Quantity) MULTI ITEM GUNA MEMINIMALKAN BIAYA TOTAL PERSEDIAAN (Studi Kasus Pada PT. Trakindo Utama, Jakarta)

MEGA SAPUTERA, KAMA (2006) PERENCANAAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUKU CADANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ (Economic Order Quantity) MULTI ITEM GUNA MEMINIMALKAN BIAYA TOTAL PERSEDIAAN (Studi Kasus Pada PT. Trakindo Utama, Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_PENGENDALIAN_PERSEDIAANSUKU_CADANG_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODE_EOQ.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Sistem pemesanan yang dilakukan oleh PT. Trakindo Utama Jakarta adalah memesan dalam waktu yang telah ditentukan untuk seluruh item suku cadang. Seringkali perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk masalah persediaan. Masalah tersebut berpangkal pada penentuan rencana pesan yang kurang tepat yang menyebabkan pada besarnya biaya total persediaan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis secara matematis untuk menentukan rencana pesan yang efisien dengan menggunakan sistem rencana pesan yang sesuai dengan kondisi perusahaan, yaitu dengan menggunakan metode EOQ multi item. Untuk mempermudah dalam penelitian maka dilakukan pengelompokkan 500 item suku cadang kedalam tiga kelas berdasarkan klasifikasi ABC, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan perhitungan rencana pemesanan suku cadang berdasarkan kebijakan perusahaan dan metode usulan. Dari hasil perhitungan rencana pesan berdasarkan metode usulan diperoleh jumlah suku cadang yang harus dipesan untuk masing-masing kelas adalah 1282 unit untuk kelas A, 2766 unit untuk kelas B dan 11033 unit untuk kelas C dengan waktu pesan 16 hari kerja untuk kelas A dan kelas B, dan 24 hari kerja untuk kelas C. Efisiensi biaya yang diperoleh sebesar 57,73% per tahun, dengan selisih biaya total persediaan sebesar Rp. 154.096.609,9,- per tahun. Biaya total persediaan berdasarkan kebijakan perusahaan sebesar Rp. 266.885.189,-, dan berdasarkan metode usulan sebesar Rp. 112.788.579,1,- per tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:37
Last Modified: 23 Jul 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12691

Actions (login required)

View Item View Item