EVALUASI PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PAKAN PENGUAT PADA TERNAK KELINCI NEWZEALAND WHITE TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR (SK) DAN LEMAK KASAR (LK)

NARHANDIKA, YANU (2006) EVALUASI PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PAKAN PENGUAT PADA TERNAK KELINCI NEWZEALAND WHITE TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR (SK) DAN LEMAK KASAR (LK). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_PEMBERIAN_BERBAGAIJENIS_PAKAN_PENGUAT_PADA_TERNAK_KELINCI_NEWZEALAND_WHITE_TERHADAP_KECERNAAN_SERATKASAR.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus sampai dengan 18 September 2005 di peternakan Bapak Sriwoto di Dusun Cangar Desa Bulukerto kecamatan Bumiaji Kota Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis pakan penguat pada ternak kelinci New Zealand White terhadap kecernaan serat kasar (sk) dan lemak kasar (lk). Kegunaan dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan informasi dan sumbangan pemikiran kepada pembaca tentang pengaruh pemberian berbagai jenis pakan penguat pada ternak kelinci jenis New Zealand White terhadap kecernaan serat kasar (sk) dan lemak kasar (lk), sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bahan pakan. Materi penelitian yang akan dipergunakan adalah kelinci jenis New Zealand White umur 1,5 bulan atau lepas sapih sebanyak 48 ekor dengan bobot badan rata-rata 800 gram, pakan penguat buatan sendiri, pollard, bekatul, hijauan dan kandang kelinci yang berbentuk kotak dengan ukuran 50cm x 40cm x 50cm sebanyak 24 unit kandang dan dalam 1 unit kandang diletakkan 2 ekor kelinci. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diberikan ada tiga yaitu pemberian pollard, bekatul dan pakan buatan sendiri dengan ulangan masing-masing delapan kali. Analisis data menggunakan Anava dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecernaan serat kasar adalah P1 = 9,13% P2 = 9,29% P = 9,05% dan rata-rata kecernaan lemak kasar adalah P1 = 9,33% P2 = 9,27 P3 = 9,23%. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian berbagai jenis pakan penguat memberikan pengaruh sangat nyata terhadap kecernaan serat kasar dan lemak kasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemberian berbagai jenis pakan penguat berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan serat kasar (sk) dan lemak kasar (lk) pada kelinci New Zealand White. Saran dari penelitian ini adalah dengan membedakan berbagai jenis pakan penguat, maka peternak dapat menggunakan jenis pakan yang mempunyai kecernaan serat kasar dan lemak kasar paling baik (bekatul) sebagai pakan penguat untuk meningkatkan produktifitas ternaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:31
Last Modified: 23 Jul 2012 02:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item