PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH JAMUR KANCING (Agaricus Bisporus) DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN SERTA PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM PEDAGING

NANANG ANDHIK PURWOKO, DHEBIT (2006) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG LIMBAH JAMUR KANCING (Agaricus Bisporus) DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN SERTA PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM PEDAGING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENGGUNAAN_TEPUNG_LIMBAHJAMUR_KANCIN2.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Experimental Farm Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, mulai tanggal 06 September sampai dengan tanggal 03 Oktober 2005. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Tepung Limbah Jamur Kancing (Agaricus Bisporus) dalam ransum terhadap Konsumsi, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi ayam pedaging. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan bahan informasi mengenai pemanfaatan limbah industri pertanian yang berupa limbah jamur kancing sebagai bahan pakan baru, khususnya sebagai sumber protein yang memberikan alternatif baru dalam pemecahan masalah pengadaan pakan ayam pedaging, serta sebagai salah satu dasar bagi peneliti dalam mendayagunakan limbah jamur kancing sebagai bahan pakan, khususnya pada ayam pedaging. Materi penelitian menggunakan 72 ekor DOC platinum MB 202 dengan strain New loghman. Perlakuan yang diberikan adalah tepung limbah jamur kancing (Agaricus bisporus) dengan ulangan sebanyak enam kali, dengan kombinasi perlakuan : T0, T1, T2, T3. Dimana T0 tanpa penggunaan tepung limbah jamur kancing, T1 pemberian tepung limbah jamur sebanyak 3 persen, T2 pemberian tepung limbah jamur sebanyak 6 persen, dan T3 pemberian tepung limbah jamur sebanyak 9 persen. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang dilanjutkan dengan uji Polinominal Orthogonal jika terdapat pengaruh perlakuan. Analisis stastitik menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan tepung limbah jamur kancing (Agaricus bisporus) dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P > 0,05), terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan, maupun Konversi Pakan ayam pedaging. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan tepung limbah jamur kancing (Agaricus bisporus) sampai aras 9 persen belum memberikan pengaruh secara nyata terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan, maupun Konversi Pakan ayam pedaging. Disarankan agar tepung limbah jamur kancing (Agaricus bisporus) digunakan sebagai salah satu alternatif bahan pakan sumber protein karena mempunyai pengaruh yang sama dengan perlakuan pakan kontrol terhadap Konsumsi, Pertambahan bobot badan dan Konversi pakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:28
Last Modified: 23 Jul 2012 02:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item