KEGIATAN PUBLIC RELATIONS DALAM RANGKA MEMBANGUN CITRA PRODUK MUSICOOL Studi Pada Hupmas PT. PERTAMINA (PERSERO) UP III Plaju Sei-Gerong

Lestari, Eka Nurdya (2006) KEGIATAN PUBLIC RELATIONS DALAM RANGKA MEMBANGUN CITRA PRODUK MUSICOOL Studi Pada Hupmas PT. PERTAMINA (PERSERO) UP III Plaju Sei-Gerong. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KEGIATAN_PUBLIC_RELATIONSDALAM_RANGKA_MEMBANGUN_CITRA_PRODUK_MUSICOOLStudi_Pada_Hupmas_P1.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya pencemaran lingkungan setiap tahunnya menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara menyebabkan penipisan lapisan ozon yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Bahaya yang ditimbulkan ini, sungguh menarik perhatian dunia sehingga melahirkan penghapusan penggunaan CFC pada tahun 2007. Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, Pertamina menciptakan produk pendingin (refrigerant) ramah lingkungan (non CFC). Musicool sebagai produk baru perlu mendapat tempat dihati masyarakat sebelum dilakukan pemasaran produk. Mengingat pasar bahan pendingin (refrigerant) telah dikuasai oleh Freon sehingga dibutuhkan usaha yang keras guna mengantisipasi resistensi pasar. Oleh karena itu, Pertamina merasa perlu melakukan kegiatan public relations untuk membangun citra produk yang nantinya diharapkan akan mendongkrak citra korporat akan mendukung pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Hupmas PT. Pertamina (Persero) Unit Pengolahan III Plaju- Sei Gerong, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan public relations dalam membangun citra produk Musicool. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan public relations dalam membangun citra produk Musicool. Kegiatan public relations itu sendiri menurut Rahchmadi dalam Soleh Soemirat, (2003: 11) adalah kegiatan komunikasi, karena ciri hakiki komunikasi Publik relations adalah two way communications (komunikasi dua arah/ timbal balik). Sedangkan citra adalah kesan yang diperoleh seseorang berdasarkan pengetahuannya tentang fakta- fakta atau kenyataan (Soemirat, 2003: 114). Landasan citra itu berakar dari “nilai- nilai kepercayaan” yang konkretnya diberikan secara individual, merupakan pandangan atau persepsi (Ruslan, 2003:68). Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis data kualitatif, yang merupakan pemaparan suatu perirstiwa, namun tidak menguji atau membuat prediksi dengan tiga sumber informan dari bagian Hupmas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta menggunakan trianggulasi untuk mengecek keabsahan data. Berdasarkan hasil analisis akhir kegiatan public relations yang dilakukan oleh Hupmas PT. Pertamina Unit Pengolahan III dalam membangun citra produk adalah dengan memberikan informasi dan edukasi mengenai pengetahuan produk (product knowledge) kepada public yang dimulai dari public internal kemudian public eksternal melalui media pers, special event (Musicool Cup), pameran, presentasi, pelatihan teknisi, media cetakan (spanduk, brosur, baliho, stiker), press release kepada pers, ciri khas dan identitas perusahaan, house jurnal, internet, dan spoken word. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Hupmas PT. Pertamina (Persero) Unit Pengolahan III melakukan kegiatan public relations dalam membangun citra produk Musicool. Sebagai rekomendasi berdasarkan penelitian ini adalah perlu dilakukannya kegiatan evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan seperti melalui penelitian tentang citra produk di mata publik guna mengetahui keberhasilan kegiatan yang hupmas sudah lakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:22
Last Modified: 23 Jul 2012 02:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item