EFEKTIVITAS KEPEMILIKAN SEPEDA MOTOR DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN MASYARAKAT PEDESAAN (Penelitian di Desa Dawuhan/ Kec. Karang Ploso/ Kab. Malang)

SOPIKA, FIKI (2006) EFEKTIVITAS KEPEMILIKAN SEPEDA MOTOR DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN MASYARAKAT PEDESAAN (Penelitian di Desa Dawuhan/ Kec. Karang Ploso/ Kab. Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_KEPEMILIKAN_SEPEDA_MOTOR_DALAM_MEMBANTU_PEREKONOMIAN_MASYARAKAT_PEDESAAN.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Dunia agribisnis membutuhkan suatu kecepatan dalam hal pemasaran bukan hanya dalam segi barang tersebut cepat laku tetapi juga ketepatan dalam memilih konsumen serta kecepatan dalam mnjangkau daerah daerah yang dapat menjadi peluang pasar sehingga bisa menambah keuntungan, perluasan, dan pengembangan usaha. Di desa yang merupakan pusat pengembangan agribisnis sangat membutuhkan sarana transportasi yang dapat memperlancar perkembangan dunia usaha masyarakatnya. Kelemahan mereka yang selalu kalah dalam hal kecepatan informasi serta keterbatasan modal akan sedikit banyak bisa ditutupi dengan mobilitas yang tinggi dalam hal transportasi. Dengan kepemilikan sepeda motor yang kian mudah dan dengan kemajuan tegnologi masyarakat di pedesaan yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani bisa berkembang dan memajukan usaha pertanian mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas sepeda motor dalam membantu usaha perekonmian masyarakat desa Dawuhan serta mengetahui efektifitas kepemilikan sepeda motor terhadap aktifitas pemasaran hasil-hasil usaha prekonomian masyarakat desa Dawuhan. Metode penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) di wilayah Desa Dawuhan kecamatan Karang Ploso kabupaten Malang dengan Untuk menganalisa data digunakan metode diskriptif dengan penyajian hasil analisis berupa tabel frekwensi dan prosentase mengenai aspek manfaat serta aspek ekonomis fungsi kepemilikan sepeda motor, manfaat, mengapa mempergunakan sepeda motor, serta variasi usaha yang muncul dari adanya kepemilikan sepeda motor. Secara fisik pemakaian sepeda motor dapat menguntugkan dalam kegiatan sehari hari dan juga berhubungan langsung dengan biaya operasional seperti pemakaian BBM, perawatan, spare parts, serta keunggulan dalam menjangkau daerah daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan besar lainnya. Secara Ekonomis pemakaian sepeda motor dapat membantu lancarnya kegiatan produksi, pertukaran distribusi, konsumsi serta proses panjang tidaknya kegiatan diatas. Makin panjang proses yang dilakukan maka akan semakin tinggi pula ongkos yang dikeluarkan. Desa Dawuhan memiliki kriteria yang ditentukan dalam efektifitas tersebut, bukan mayoritas tetapi terus mencapai peningkatan dalam penggunaan alat transportasi ini. Ternyata ada kemajuan dalam kegiatan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 08:19
Last Modified: 21 Jul 2012 08:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item