ANALISIS BIAYA DEFERENSIAL UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN MENJUAL LANGSUNG ATAU MEMPROSES LEBIH LANJUT KOMODITAS APEL(Studi Pada Agropolitan Batu )

SUBEKTI, LUKKY (2006) ANALISIS BIAYA DEFERENSIAL UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN MENJUAL LANGSUNG ATAU MEMPROSES LEBIH LANJUT KOMODITAS APEL(Studi Pada Agropolitan Batu ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_BIAYA_DEFERENSIAL_UNTUKMENGAMBIL_KEPUTUSAN_MENJUALLANGSUNG_ATAU_MEMPROSESLEBIH_LANJUT_KOMODITAS_APEL.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Agropolitan Batu Malang dengan judul “Analisis Biaya Diferensial Untuk Mengambil Keputusan Menjual Langsung Atau Memproses Lebih Lanjut Komoditas Apel pada Agropolitan Batu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas kegunaan biaya diferensial dalam membantu mengambil keputusan jangka pendek berkaitan dengan pembuatan keputusan menjual langsung atau memproses lebih lanjut pada komoditas apel. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kegunaan biaya diferensial dalam membantu mengambil keputusan menjual langsung atau memproses lebih lanjut pada komoditas adalah menggunakan analisis biaya diferensial yang mengacu pada pengambilan keputusan manajerial dengan pendekatan tradisional. Adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah pengklasifikasian apel menurut ukuran dan kerusakan, perhitungan biaya tanaman belum menghasilkan, perhitungan biaya tanaman menghasilkan, pengidentifikasian pendapatan menjual langsung tiap jenis apel, analisis data tentang keputusan menjual langsung atau memproses lebih lanjut tiap jenis apel dan membuat keputusan dari hasil analisis di atas. Hasil analisis biaya diferensial menunjukkan bahwa alternatif pengolahan lebih lanjut buah apel menjadi jenang apel dan sari apel lebih menguntungkan daripada menjual buah apel secara langsung dan pada musim hujan dapat memberikan keuntungan yang lebih apabila dilakukan pemrosesan lebih lanjut karena harga apel lebih rendah. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat penulis sampaikan saran-saran kepada para petani apel yang dalam hal ini sebagai pengelola buah apel, perlu menggunakan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan untuk menjual langsung atau memproses lebih lanjut pada saat panen apel, pada saat harga apel tinggi, sebaiknya petani menjual secara langsung karena perputaran penghasilan lebih cepat, serta untuk apel yang berkualitas rendah sebaiknya dilakukan pemrosesan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 08:02
Last Modified: 21 Jul 2012 08:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item