PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI (Studi pada Konsumen Pasta Gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

SUGENG, SUGENG (2006) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI (Studi pada Konsumen Pasta Gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH__ATRIBUT_PRODUK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_PASTA_GIGI.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi (Studi Pada Konsumen Pasta Gigi Di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)”. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel atribut produk yang meliputi merek, kemasan, label dan kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Desa Sukodemo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dan untuk mengetahui variabel atribut produk yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan tentang atribut produk di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel atribut produk yang meliputi merek, kemasan, label dan kualitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten pasuruan. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dapat diuraikan yaitu variabel merek sebesar 0,1623%, kemasan sebesar 0,1135%, label sebesar 0,1236% dan kualitas sebesar 0,1394%. Dari variabel atribut produk tersebut, ternyata variabel merek memberikan kontribusi terbesar terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Beberapa saran yang dapat yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang bertujuan agar merk produk tetap diingat oleh konsumen, langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan promosi atas merk produk yang ditawarkan. Melalui kegiatan tersebut maka secara langsung konsumen akan selalu ingat atas produk yang ditawarkan. Dalam melakukan usaha-usaha agar merek tetap dikenal oleh konsumen maka diharapkan perusahaan juga tetap menawarkan produk yang benar- benar berkualitas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian pasta gigi atau dengan menggunakan metode analisis data yang berbeda sehingga memungkinkan dapat menghasilkan pengembangan dari penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 07:41
Last Modified: 21 Jul 2012 07:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item