PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. JAWA POS SURABAYA

SUGIARTO, ARIES (2006) PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. JAWA POS SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. JAWA POS SURABAYA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Jual terhadap Volume Penjualan Pada PT. Jawa Pos Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui pengaruh variabel diversifikasi produk dan harga jual berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya. (b) Untuk mengetahui besarnya pengaruh diversifikasi produk dan harga jual terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya. (c) Untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya. Penelitian ini berlokasi di PT. Jawa Pos Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan explanatory (penjelasan). Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer berupa data diversifikasi produk dan harga jual. Sedangkan data sekunder berupa data gambaran umum PT. Jawa Pos dan volume penjualan. Metode pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji f (simultan), Koefisien determinasi, dan Uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bahwa variabel diversifikasi produk dan harga jual berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya. (2) Besarnya pengaruh diversifikasi produk dan harga jual terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya adalah sebesar 0,999. (3) Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Jawa Pos Surabaya adalah diversifikasi produk. Dari hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dilakukan maka penulis akan memberikan saran sebagai bahan pertimbangan sebagai berikut: (1) Hendaknya pihak perusahaan dapat mempertahankan diversifikasi produk Jawa Pos yang dilakukan karena telah menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan serta telah memiliki nilai yang positif. (2) Sedangkan harga jual koran Jawa Pos juga mempengaruhi volume penjualan sehingga kebijakan harga yang ada perlu sedapat mungkin dipertahankan dan karena variabel ini juga memberikan pengaruh positif terhadap volume penjualan. (3) Bagi kalangan akademisi yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain, penambahan jumlah sampel yang diambil atau menggunakan alat analisis yang berbeda sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 07:27
Last Modified: 21 Jul 2012 07:27
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item