UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGGULANGI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Study Pada Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut Propinsi Kalimantan Selatan)

SUHARTINAH, WIWIN (2006) UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGGULANGI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Study Pada Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut Propinsi Kalimantan Selatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PEMERINTAH_DAERAH_DALAM_MENANGGULANGI_KEBAKARAN_HUTAN_DAN_LAHAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan bagi Negara dan masyarakat. Ratusan ribu bahkan jutaan pohon dan tumbuhan hutan lainnya musnah, ekosistem penunjang kehidupan manusia rusak, mata air mengering dan kerusakan lainnya yang tak dapat dinilai dengan uang. Akibat yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah adanya asap yang mengganggu dari adanya kebakaran hutan dan lahan dan terbakarnya lahan pertanian yang siap panen akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau. Dalam penelitian ini penulis memilih type penelitian deskriptif dan jenis datanya kualitatif Lokasi penelitian adalah tempat dimana peneliti mendapatkan data-data informasi dari yang diteliti. Adapun lokasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah di Kabupaten Tanah Laut Propinsi Kalimantan Selatan. Sumber data primer berupa catatan-catatan dan wawancara langsung dan sumber data sekunder dapat berupa data arsip, foto atau data-data statistic. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisa data. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No 86/1994 tentang penyerahan sebagian urusan pemerintahan di bidang kehutanan kepada pemerintah daerah. Ini berarti bahwa masalah kebakaran hutan dan lahan merupakan tugas dari pemerintah daerah dalam menanggulanginya. Maka pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut mengadakan usaha dalam menanggulngi kebakaran hutan dan lahan, hal ini dikarenakan kebakaran hutan dan lahan yang hampir tiap tahun terjadi dan dampak yang dirasakan akibat kebakaran hutan dan lahan tersebut sangat besar. Adapun upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut dalam Menangulangi Kebakaran hutan dan Lahan adalah identifikasi berdasarkan data hotspot, mengadakan penyuluhan, membentuk regu pemadam, membuat penyekat api, merubah waktu pola tanam, bantuan dana ganti kerugian, rehabilitasi hutan dan lahan, dan penegakan hukum. Penyebab kebakaran hutan dan lahan sebenarnya adalah karena ulah manusia. Dengan adanya bentuk kerja keras dari pemerintahdan masyarakat setemapt dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan maka frekuensi jumlah titik panas/hotspot pada tahun 2005 dapat berkurang. Yang mana jumlah titik panas/hotpost pada tahun 2004 mencapai 170 titik api sedangkan di tahun 2005 hanya berjumlah 106 titik api.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 07:07
Last Modified: 21 Jul 2012 07:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item