PERENCANAAN ULANG STASIUN KERJA DENGAN METODE REGION APPROACH (RA) UNTUK ANALISIS EFISIENSI KERJA YANG OPTIMUM (Studi Kasus Pada Perusahaan Garmen PT. Pesona Remaja Malang)

SULISTYANDINI, RETNO (2006) PERENCANAAN ULANG STASIUN KERJA DENGAN METODE REGION APPROACH (RA) UNTUK ANALISIS EFISIENSI KERJA YANG OPTIMUM (Studi Kasus Pada Perusahaan Garmen PT. Pesona Remaja Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_ULANG_STASIUN_KERJA_DENGAN_METODEREGION_APPROACH.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT. Pesona Remaja merupakan salah satu industri manufaktur yang memproduksi celana jeans AKO. Perusahaan ini mengalami peningkatan jumlah permintaan, namun dengan kapasitas produk yang sekarang ini perusahaan belum mampu memenuhi semua permintaan konsumen. Rendahnya kapasitas ini di sebabkan karena lintasan produksi yang tidak seimbang. Dalam upaya menyelesaikan permasalahan tersebut digunakan perencanaan keseimbangan lintasan dengan metode Region Approach (RA) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem, sehingga diharapkan output produksi meningkat. Analisa efisiensi dilakukan untuk membandingkan kondisi awal dengan kondisi setelah penerapan metode keseimbangan lintasan pada perusahaan yang meliputi balance delay, efisiensi lintasan, dan output produksi. Berdasarkan hasil analisa ternyata dari kedua metode didapatkan hasil perhitungan balance delay awal 37.14% berkurang menjadi 19.14% dengan metode Region Approach. Sedangkan efisiensi lintasan dari kondisi awal sebesar 62.86% meningkat menjadi 80.86% dengan metode Region Approach. Output produk meningkat dari kondisi awal sebesar 295 potong/hari meningkat menjadi 328 potong/hari dengan metode Region Approach. Dari hasil perencanaan keseimbangan lintasan, maka diperoleh peningkatan efisiensi sistem, sehingga perusahaan mampu memenuhi permintaan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 05:40
Last Modified: 21 Jul 2012 05:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item