ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN MENGGUNAKAN POSISI LIKUIDITAS, PASAR MODAL (PROFITABILITAS) DAN STABILITAS KEUNTUNGAN(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta)

SULISTYOWATI, ANITA (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN MENGGUNAKAN POSISI LIKUIDITAS, PASAR MODAL (PROFITABILITAS) DAN STABILITAS KEUNTUNGAN(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DIVIDEN MENGGUNAKAN POSISI LIKUIDITAS, PASAR MODAL.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Ditengah perkembangan perekonomian yang sangat pesat ini, pasar modal merupakan salah satu sarana yang efektif dan efisien dalam pembelanjaan atau pemenuhan dana bagi perusahaan yang terkadang hanya dapat dipenuhi dari sumber intern saja. Instrument yang paling banyak diminati oleh pihak investor adalah saham, disini saham dapat memiliki likuiditas yang tinggi dari pada istrumen lainnya. Investor dalam hal ini akan memperoleh keuntungan khususnya dalam bentuk dividen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-fakor yang mempengaruhi kebijakan dividen dengan mengunakan posisi likuiditas, pasar modal (profitabilitas) dan stabilitas keuntungan pada perusahaan manufakur di Bursa Efek Jakarta periode 2002-2005. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur antara lain posisi likuiditas dengan menggunakan current ratio (CR), pasar modal dengan menggunakan Return On Equity dan stabilitas keuntungan dengan menggunakan Earning Per Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi eksplorasi. Analisis data yang menggunakan regresi linier berganda serta uji asumsi klasik yang terdiri dari autokorelasi, heteroskedastisitas dan multikolinearitas dan uji statistik dengan menggunakan uji F dan uji t. Penelitian ini menggunakan data sekunder terhadap perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa variabel yang diteliti dengan menggunakan uji asumsi klasik tidak terjadi multikolinearitas, autokorelasi dan heteroskedastisitas dan hasil ketiga variabel bebas dengan menggunakan uji asumsi stastistik berpengaruh secara signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Koefisien determinasi (R2) mampu menjelaskan sebesar 0,187artinya CR, ROE dan EPS secara bersama-sama menyebabkan perubahan Dividen Payout Ratio sebesar 18% sedangkan sisanya sebesar 82% yang disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Berdasarkan pengujian secara individu dari variabel bebas yang diteliti terhadap Dividen Payout Ratio diperoleh kesimpulan bahwa variabel Current Ratio, Return On Equity dan Earning Per Share berpengaruh secara signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Dilihat dari arah pengaruh Variabel Current Ratio dan Return On Equity mempunyai pengaruh negative sedangkan earning per share mempunyai pengaruh yang positif. Pengaruhnya dominan dalam hal ini dimiliki oleh variabel Earning Per Share.terhadap perubahan Dividen Payout Ratio dibandingkan oleh variabel bebas lainnya yang terdiri dari Return On Equity serta Current Ratio.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 04:44
Last Modified: 21 Jul 2012 04:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item