ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, FINANCIAL LEVERAGE DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta)

SUMIATI, SUMIATI (2006) ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, FINANCIAL LEVERAGE DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_RETURN_ON_ASSET.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan farmasi yang go publik di BEJ dengan judul “Analisis Pengaruh Return On Asset, Financial Leverage, dan Tingkat Suku Bunga terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi yang Go Publik Di BEJ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari ROA, Financial leverage dan Tingkat suku bunga secara simultan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, Pengaruh dari ROA secara parsial terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, pengaruh dari financial leverage terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, dan pengaruh dari tingkat suku bunga terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ. Dalam penelitian ini, penulis mengambil empat hipotsis yaitu : bahwa ROA, Financial leverage dan tingkat suku bunga secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, bahwa ROA secara parsial mempunyai pengaruh yang positif terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, bahwa financial leverage secara parsial mempunyai pengaruh terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ, dan bahwa tingkat suku bunga secara parsial mempunyai yang negatif terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ. Alat analisis yang digunakan untuk menguji tingkat signifikansi pengaruh ROA, financial leverage dan tingkat suku bunga terhadap harga saham secara simultan menggunakan uji F dan secara parsial dengan menggunakan uji t dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dengan melihat koefisien regresinya. Hasil perhitungan dengan alat analisis uji F diperoleh hasil bahwa F hitung > F tabel sedangkan untuk uji t diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel. Persamaan regresinya Y = 12.49 + 0.191 X1 - 0.629 X2 - 1.955 X3 Dari hasil analisis tersebut ROA, financial leverage dan tingkat suku bunga secara simultan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, ROA secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, Financial leverage secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dan tingkat suku bunga secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang negatif terhadap harga saham perusahaan farmasi yang go publik di BEJ. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat sarankan bahwa perusahaan harus terus meningkatkan penjualan serta menekan total asset yang akan mengakibatkan ROA dan financial leverage menjadi meningkat yang selanjutnya akan meningkatkan harga saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 04:19
Last Modified: 21 Jul 2012 04:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item