PENYELENGGARAAN PEMERINTAH KECAMATAN BERDASAR UNDANG-UNDANG NO. 22 TAHUN 1999 (Studi di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo)

MAULANA MAYASARI, CATUR (2006) PENYELENGGARAAN PEMERINTAH KECAMATAN BERDASAR UNDANG-UNDANG NO. 22 TAHUN 1999 (Studi di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENYELENGGARAAN_PEMERINTAH_KECAMATAN_BERDASAR_UNDANG.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Indonesia yang dipandang dari luas daerahnya dengan potensi yang beraneka ragam, yang harus dikelola untuk kesejahteraan rakyat, maka untuk mengoptimalisasikan pembangunan di Indonesia dengan pemberian otonomi yang luas dan nyata untuk meningkatkan kualitas masyarakat. dalam hal ini pemerintah harus mampu membina dan mendayagunakan fungsi masyarakat dengan baik dan nyata. Yang lebih lagi bagi desa sebagai kepala pemerintahan daerah yaitu di wilayah kecamatan dengan berbagai pembangunan yang optimal baik pembangunan secara moriil dan material. Pembangunan inilah yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian dengan mendeskripsikan bagaimana "Penyelenggaraan pemerintah kecamatan berdasarkan undang-undang no 22 Tahun 1999" dengan studi wilayah Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Kerangka teori dari penelitian ini yaitu bagaimana peran dan fungsi dari Pemerintah Kecamatan dalam penyelenggaraannya berdasarkan Undang-undang no. 22 Tahun 1999 serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dan penunjang dalam penyelengaraan Pemerintah kecamatan ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejauh mana kewenangan Camat dalam penyelenggaraan Pemerintah Kecamatan. Penelitian ini akan memberikan informasi serta masukan yang bermanfaat bagi Pemerintah Kecamatan sebagai objek penelitian serta dapat menciptakan suasana hubungan yang harmonis dengan perangkat-perangkat desa dibawahnya serta kepada masyarakat di wilayah kerjanya dengan melaksanakan pembinaan, pengembangan dan pengawasan terhadap perangkat kecamatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di wilayah Kecamatan Krembung Sidoarjo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh langsung dari Camat beserta staf serta dari dinas atau instansi terkait dan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen atau arsip dari dinas terkait dengan permasalahan dengan menggunakan teknik, observasi, linterview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diosimpulkan bahwa pelaksanaan pembinjaan, pengembangan dan pengawasan di Kecamatan Krembung berjalan dengan cukup baik. pemerintahan Kecamatan Krembung mempunyai sistem untuik meningkatkan potensi Sumberdaya manusia yang efektif, efisien dan professional. Camat menggunakan dana bantuan yang diberikan dari pusat dengan sebaik-baiknya dan hasil-hasil pembangunan dapat dirasakan oleh 19 desa yang ada di kecamatan Krembung. Yang terpenting dalam Penyelenggaraan pemerintahan kecamatan ini adalah suasana keharmonisan diantara staff-staf dan dinas terkait sehingga mengatasi segala kendala-kendala yang ada sehingga pelaksanaan pembangunan sudah berjalan dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:46
Last Modified: 21 Jul 2012 03:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item View Item