IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PQ4R PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI SMP ISLAM KARANGPLOSO, MALANG

MASRUROH, SITI (2006) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PQ4R PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI SMP ISLAM KARANGPLOSO, MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_METODE_PEMBELAJARAN_PQ4R_PADA_MATERI_FAKTORISASI_SUKU_ALJABAR_DI_SMP_ISLAM_KARANGPLOSO.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Matematika tersebut dikatakan matematika sekolah yaitu unsur-unsur dari matematika yang dipilih berdasarkan atau berorientasi pada kepentingan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan pengalaman penulis saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), siswa cepat lupa tentang materi pelajaran matematika yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Hal ini dikarenakan siswa cenderung hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan guru tanpa berusaha mencari pengetahuan sendiri. Dalam rangka membantu siswa agar mampu mengingat lebih lama materi yang dipelajari adalah dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Materi yang dipilih adalah faktorisasi suku aljabar pada satu kompetensi dasar yang pertama karena materi tersebut merupakan konsep dasar untuk materi-materi berikutnya, sehingga siswa dituntut untuk mengingatnya lebih lama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Karangploso pada tanggal 31 Juli sampai dengan 12 Agustus 2006. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif tanpa melakukan uji statistik. Data yang di ambil dari penelitian ini adalah data hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran dengan metode PQ4R, data hasil tes, dan data hasil angket respon siswa. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil analisis diperoleh data aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan metode PQ4R pada materi faktorisasi suku aljabar dapat di katakan baik, persentase rata-ratanya mencapai 72,59%. Jika dilihat dari persentase setiap langkah PQ4R, langkah Preview, Question, Read, dan Reflect dapat dikatakan baik, sedangkan langkah Recite dan Review masih dikatakan cukup. Dilihat dari hasil tes secara individu, siswa yang tuntas belajarnya 25 siswa dan yang tidak tuntas 11 siswa, namun secara klasikal dapat dikatakan telah tuntas belajarnya karena telah mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan, persentase ketercapaiannya sebesar 69,4%. Kemudian dilihat dari respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode PQ4R dapat dikatakan responnya positif, persentase yang menjawab setuju tentang penggunaan metode PQ4R sebesar 80,84%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran PQ4R dapat menuntaskan belajar siswa sehingga dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika dalam melakukan proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:39
Last Modified: 21 Jul 2012 03:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item