PESAN KRITIK SOSIAL CERPEN PILIHAN KOMPAS (Analisis Isi Cerpen Pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana”)

MARTINI, ANA SRI (2006) PESAN KRITIK SOSIAL CERPEN PILIHAN KOMPAS (Analisis Isi Cerpen Pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana”). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PESAN_KRITIK_SOSIAL_CERPEN_PILIHAN_KOMPAS.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Keywords: Pesan Kritik sosial Media massa mempunyai peranan penting dalam penyampaian semua informasi dan pemberitaan baik dalam bidang ilmu pengetahuan, sosial pilitik, ekonomi, maupun dalam bidang teknologi. Disamping itu sebagai wahana pengembangan kebudayaan, seni, serta pengembangan tata cara, mode, gaya hidup dan norma-norma. Bagi audiens media massa juga berperan dalam membentuk persepsi dalam menginterpretasikan informasi yang diterima. Hadirnya cerpen sudah menjadi syarat mutlak bagi hampir setiap penerbitan surat kabar, hal ini dengan tujuan sebagai alternatif bagi pembaca dalam menghadirkan pesan kritik sosial yang dalam media sendiri kritik sosial adalah sebuah karya sastra yang memberi hikmah atau manfaat lain, sesuai definisi kritik itu sendiri yakni penilaian ilmiah atau pengujian terhadap keadaan masyarakat pada saat tertentu. Kehadiran cerpen sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan sekaligus membenarkan pendapat bahwa kita semua pada dasarnya membutuhkan fakta dan fiksi. Kompas memberikan perhatian lebih terhadap jurnalisme sastra khususnya cerita pendek, karena bagi kompas cerpen selain sebagai penyaluran kreatifitas, ide dan gagasan juga sebagai sarana penyampaian berita-berita pers yang tidak mungkin diberitakan secara langsung. Selain menerbitkan cerpen-cerpen di setiap edisi minggunya, Kompas juga membukukannya dalam sebuah buku yang berisi kumpulan cerpen pilihan Kompas setiap tahunnya mulai dari tahun 1992 sampai sekarang. Kompas lewat karya cerpen mencoba menggambarkan realita masyarakat sesungguhnya, sekurang-kurangnya yang ditangkap oleh penulisnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Berapa frekuensi pesan kritik sosial cerpen pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana” dan siapa saja pihak yang menjadi sasaran pesan Kritik Sosial cerpen pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat frekuensi pesan kritik sosial cerpen pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana” dan untuk mengetahui pihak-pihak yang menjadi sasaran pesan Kritik Sosial cerpen pada Buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2005 “Jl. Asmaradana”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis isi dengan tipe deskriptif dengan pendekatan kuantitatif artinya tidak hanya terbatas pada pengumpulan data pengklasifikasikan data tetapi meliputi analisa dan interpretasi data, yang menjadi ruang lingkup penelitian ini adalah cerpen pada Buku Kumpulan cerpen pilihan Kompas 2005 Jl. Asmaradana, sampel diambil secara total sampling yaitu diambil secara keseluruhan dari jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 10 cerpen pilihan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan koding sheet yaitu lembar koding dibuat berdasarkan struktur katagori. Sebagai hasil dari penelitian ini diketahui bahwa frekuensi pesan kritik sosial katagori tema kemiskinan adalah berjumlah 12 buah (14,81%), kejahatan 26 buah (32,10%), pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat 24 buah (29,63%), Disorganisasi keluarga 15 buah (18,52%), ketidakadilan 3 buah (3,70%) dan persaingan 1 buah (1,24%). Hasil selanjutnya adalah pihak sasaran kritik sosial cerpen, dimana kritikan-kritikan yang tertuju pada individu mencapai frekuensi yang paling tinggi daripada kritik yang tertuju pada masyarakat dan pemerintah. Frekuensi kemunculan kritik pada individu yaitu sebanyak 56 kali (69,13 %), sedang yang tertuju pada masyarakat sebanyak 14 kali (17,27%) dan pada pemerintah sebanyak 11 kali (13,59%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa frekuensi pesan kritik sosial yang paling tinggi pada kategori kejahatan 26 buah (32,10%), dan sasaran pesannya paling banyak ditujukan untuk individu sebanyak 56 kali (69,13%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:12
Last Modified: 21 Jul 2012 03:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item View Item