PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWI (Studi pada Mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2003/2004)

MARLINA, NAENI (2006) PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWI (Studi pada Mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2003/2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERILAKU_KONSUMTIF_DI_KALANGAN_MAHASISWI.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Pemenuhan kebutuhan sangat penting artinya untuk mengantarkan individu pada kehidupan yang selaras dengan lingkungannya. Hal seperti itu yang banyak terjadi pada remaja dalam hal ini mahasiswi, karena mereka pada umumnya suka pada hal-hal yang bersifat konsumtif seperti suka belanja atau membeli sesuatu. Membeli sesuatu untuk memenuhi kebutuhan sebenarnya tidak menjadi masalah bahkan sudah menjadi hal biasa atau lumrah, selama membeli itu benar-benar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang pokok atau yang benar-benar dibutuhkan atau kebutuhan primer. Karena akan menjadi permasalahan ketika dalam usaha memenuhi kebutuhan tersebut remaja (mahasiswi) mengembangkan perilaku yang mengarah pada pola konsumtif. Pola perilaku konsumtif di sini maksudnya adalah pola pembelian dan pemenuhan kebutuhan yang lebih mementingkan faktor keinginan (want) daripada kebutuhan (need) dan cenderung dikuasai oleh hasrat keduniawian dan kesenangan semata. Dengan melihat latar belakang diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2003/2004. (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2003/2004. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dan menggunakan analisa data deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menafsirkan, menguraikan, serta menggambarkan keadaan sesuai dengan kenyataan yang ada. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan wawancara (interview) yang dilakukan pada mahasiswi FISIP angkatan 2003/2004 yang dijadikan sampel penelitian. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara “asal ambil atau asal pilih”. Maksudnya, peneliti menghubungi subjek yang memenuhi ciri-ciri atau sifat-sifat populasi tanpa menghiraukan darimana asal subjek tersebut (dari 4 jurusan FISIP). Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat kesimpulan sebagai berikut: 1.Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi dapat di lihat dari beberapa hal antara lain: alasan mereka berbelanja, jenis barang yang sering di beli, sampai pada tempat berbelanja yang sering dikunjungi. Sebagian besar alasan mahasiswi suka berbelanja adalah karena ingin mengikuti mode yang sedang tren dan agar tidak ketinggalan zaman. Barang yang sering di beli mahasiswi kebanyakan adalah dari produk fashion seperti pakaian (baju), tas, sepatu, dan produk kecantikan hingga produk HP (Handphone) yang selalu berinovasi. Untuk membeli produk atau barang tersebut, mahasiswi lebih suka berbelanja di mall, dengan anggapan bahwa mall adalah tempat dimana mode-mode terbaru bermunculan. Padahal mode itu sendiri selalu berubah sehingga mereka tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki. 2.Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi meliputi faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern mencakup pengaruh yang datang dari pribadi atau individu itu sendiri yang meliputi sikap dan motivasi. Sedangkan faktor ekstern menyangkut pengaruh yang datang dari luar yang meliputi teman dan iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:05
Last Modified: 21 Jul 2012 03:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item