PENDIDIKAN SHALAT DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH MALANG

MARLIA MAYASARI, ENNY (2006) PENDIDIKAN SHALAT DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN_SHALAT_DI_PANTI_ASUHAN_PUTRI_AISYIYAH_MALANG.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang. Dan shalat merupakan ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara langsung, tanpa adanya perantara malaikat jibril. Selanjutnya, ibadah shalat wajib dikerjakan bagi seseorang yang mengaku dirinya beragama Islam. Agar ibadah shalat lebih menyatu sebagai kebutuhan hidup manusia yang beragama Islam, maka penanaman sejak dini terhadap anak didik sangat perlu diberikan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat secara umum. Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal berupaya mempersiapkan segala komponennya (pendidik, materi, metode, sarana prasarana dan suasana lingkungan yang kondusif) dalam mengantarkan anak didiknya menjadi manusia yang cerdas secara Islami dan penuh kesadaran dalam mengamalkan seluruh ajaran Islam, termasuk shalat. Shalat adalah barometer bagi keseluruhan amal kita, bahkan amalan yang pertama dihisab di hari akhir adalah amalan shalat. Nabi Muhammad memerintahkan kepada kita untuk mengajarkan shalat pada anak­anak sedini mungkin (usia 7 tahun) bahkan saat anak berusia 10 tahun Rasulullah mengizinkan untuk memukulnya bila tidak melaksanakan shalat. Berpijak dari kenyataan di atas penulis, terdorong untuk mengadakan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang, (2) Materi yang diberikan untuk Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang, (3) Metode yang di gunakan untuk menyampaikan dan melaksanakan Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang, (4) Faktor yang menunjang dan menghambat Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang. Jenis penelitiannya adalah kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, documenter. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pendidikan Shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang dilakukan diluar jam sekolah dengan mengunakan system klasikal yaitu di kelompokkan berdasarkan tingkat pendidikan anak asuh. Selain itu, para anak asuh diwajibkan untuk mengikuti shalat fardhu secara berjamaah di masjid Panti Asuhan. 2. Materi Pendidikan Shalat lebih meliputi gerakan dan bacaan shalat mulai berdiri tegak sampai dengan salam. 3. Metode yang dipakai dalam pendidikan shalat adalah ceramah, tanya jawab dan demontrasi (praktek). 4. Adapun faktor penunjang anak asuh dalam pendidikan shalat adalah anak asuh itu sendiri, pendidik dalam hal ini pengurus dan pengasuh, teman sebaya atau sepermainan, materi, fasilitas pendidikan, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat dalam pendidikan shalat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang adalah kemalasan sebagian kecil yang terjadi pada anak asuh yang masih kecil dan keterbatasan jumlah pengasuh. Tapi semua masalah itu sudah dapat diatasi oleh para pengasuh dan pengurus panti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:00
Last Modified: 21 Jul 2012 03:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item