PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Yang Termasuk dalam Indeks LQ-45 diBursa Efek Jakarta)

SUSANTI, ENDAH (2006) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Yang Termasuk dalam Indeks LQ-45 diBursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian explonatory research (pegujian hipotesis) yaitu penelitian yang membahas tentang hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang masuk dalam LQ-45 yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan yang terdiri dari CR, TATO, EPS, ROE, NPM, DER berpengaruh terhadap harga saham dan untuk mengetahui variabel yang dominan pengauhnya terhadap harga saham. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah dengan menganalisis regresi linier berganda, yaitu dengan persamaan Y= a + bX1 + bX2 + bX3 + bX4+ bX5+ bX6. Analisis regresi linier berganda dengan menggunakan beberapa uji diantaranya adalah uji F, uji t selain dua uji tersebut juga menganalisis uji asumsi klasi. Pengujian asumsi klasik dengan menggunakan empat uji yaitu uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas. Hasil uji regresi linier berganda jika ditinjau dari uji F adalah variabel bebas yaitu variabel current ratio, total asset turn over, debt equity ratio, return on equity, net profit margin, dan earning per share mempunyai pengaruh simultan atau bersama-sama yang signifikan terhadap closing price pada perusahaan-perusahaan yang tercatat pada LQ-45 yang terdaftar pada BEJ, hal tersebut dapat dilihat dari nilai F 44.986 > F 2.18. Dilihat dari uji t, secara parsial atau satu-satu variabel current ratio, total asset turn over, debt equity ratio, return on equity, net profit margin, dan earning per share mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap closing price pada perusahaan-perusahaan yang tercatat pada LQ-45 yang terdaftar pada BEJ, hal tersebut dapat dilihat dari nilai t > t . Dari kedua uji tersebut dapat diketahui bahwa variabel curent ratio yang mempunyai pengaruh paling besar dengan nilai koefisien regresi sebesar -27.84

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 09:32
Last Modified: 19 Jul 2012 09:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item