PENGARUH PENAMBAHAN STREPTOMYCIN DALAM SKIM KUNING TELUR SEBAGAI PENGENCER TERHADAP KUALITAS SEMEN IKAN MAS (Cyprinus Carpio L.)

SUSWAHYUNINGTYAS, SUSWAHYUNINGTYAS (2006) PENGARUH PENAMBAHAN STREPTOMYCIN DALAM SKIM KUNING TELUR SEBAGAI PENGENCER TERHADAP KUALITAS SEMEN IKAN MAS (Cyprinus Carpio L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENAMBAHAN_STREPTOMYCIN_DALAM_SKIM_KUNING_TELUR_SEBAGAI_PENGENCER_TERHADAP_KUALITAS_SEMEN_IKAN_MAS.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Pengencer yang di dalamnya mengandung susu atau kuning telur mudah sekali terkontaminasi bakteri, untuk mendapatkan pengencer skim kuning telur yang streril atau bebas bakteri diperlukan streptomycin sebagai antibiotik. Dengan penambahan streptomycin diharapkan dapat meningkatkan motilitas dan livibilitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Streptomycin dalam skim kuning telur terhadap kualitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.) dan untuk mengetahui pada dosis berapakah streptomycin sangat efisien terhadap kualitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2005 sampai 6 Januari 2006 di Balai Benih Ikan Punten Kota Batu, Kabupaten Malang. jenis penelitian adalah true-experiment dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 7 perlakuan dan 4 ulangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semen ikan mas jantan (Cyprinus Carpio L.) produktif penghasil spermatozoa (matang gonad) yang ada di Balai Benih Ikan Punten. Sampel yang digunakan adalah semen ikan mas jantan berumur antara 2 tahun, berat 1,5-1,7 kg dan panjang 36-39 cm. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penambahan dosis streptomycin (0gr, 0,2gr, 0,4gr, 0,6 r, 0,8gr, 1gr, 1,2gr). Variabel terikat adalah kualitas ikan mas (motilitas dan livibilitas semen ikan mas). Variabel terkendali adalah suhu, semen ikan mas, gliserol dan pengencer susu skim. Data diolah dengan analisis varian (Anava) satu faktor dan dilanjutkan uji Duncan’s. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan pengaruh berbagai dosis penambahan streptomycin pada pengencer skim kuning telur terhadap kualitas semen ikan mas. Dosis 1,2 gr merupakan dosis terbaik untuk menghasilkan motilitas dan livibilitas yang tinggi pada semen ikan mas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 07:27
Last Modified: 19 Jul 2012 07:27
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item