PERENCANAAN RUTE DAN PENUGASAN KENDARAAN DALAM PENDISTRIBUSIAN PRODUK (Study Kasus Pada CV “GOENO ” Tulungagung - Jawa Timur)

SUTARI, SUTARI (2006) PERENCANAAN RUTE DAN PENUGASAN KENDARAAN DALAM PENDISTRIBUSIAN PRODUK (Study Kasus Pada CV “GOENO ” Tulungagung - Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_RUTE_DAN_PENUGASAN_KENDARAAN_DALAM_PENDISTRIBUSIAN_PRODUK.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang usaha tekstil yang memproduksi kelengkapan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia serta masyarakat umum. Salah satu produk yang dihasilkan adalah tas ransel yang mana penanganan distribusi yang tidak efisien merupakan masalah utama di perusahaan ini yang menyebabkan biaya transportasi tinggi. Dari kondisi tersebut maka diperlukan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Metode saving matrik merupakan salah satu metode yang membahas proses pengiriman barang ke konsumen dalam manajemen rantai persediaan dan kejadian yang terkait oleh perutean dan penugasan kendaraan pada dasarnya adalah untuk meminimalkan biaya transportasi atau pengiriman. Sebelum menerapkan metode saving matrik maka dilakukan peramalan permintaan terlebih dahulu untuk bulan Juli dan Agustus dengan menggunakan metode peramalan time series. Kemudian dipilih MAPE yang terkecil dan selanjutnya hasil peramalan diolah dengan metode saving matrik. Dari hasil pengolahan data di hasilkan penghematan jarak 523 km dengan prosentase 13.32 %. Yaitu dari jarak awal 3926 km menjadi 3403 km. Sedangkan untuk biaya transportasi mengalami penghematan Rp 2.143.266,96.Yaitu dari biaya awal Rp. 10.408.749,96 menjadi Rp. 8.265.483,32 dengan prosentase 20.59 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 07:25
Last Modified: 19 Jul 2012 07:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12539

Actions (login required)

View Item View Item