PENGARUH KOMPOSISI UNSUR HARA MAKRO DAN MIKRO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) SECARA HIDROPONIK SISTEM AIR MENGALIR

SUTARNO, SUTARNO (2006) PENGARUH KOMPOSISI UNSUR HARA MAKRO DAN MIKRO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) SECARA HIDROPONIK SISTEM AIR MENGALIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KOMPOSISI_UNSUR_HARA_MAKRO_DAN_MIKRO_TERHADAP.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi unsur hara yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman sawi yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Hipotesa dari penelitian ini adalah dengan pemberian komposisi unsur hara yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Percobaan dilaksanakan mulai bulan April sampai Agustus 2002 di Green house Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang dengan ketinggian tempat 550 m dpl. Bahan yang akan digunakan dalam percobaan ini adalah benih sawi pak choy, unsur hara makro dan mikro, talang plastik, styrefoam, spon, kayu, paralon, pompa air, tandon air dan timer. Sedangkan alat yang akan digunakan adalah alat ukur (meteran 3 m, penggaris 30 cm dan timbangan metller), jangka sorong, pH meter. Percobaan ini menggunakan rancangan acak lengkap ( RAL ) sederhana yaitu pemberian unsur hara makro dan mikro yang diulang 4 kali sehingga keseluruhan perlakuan berjumlah 12 unit percobaan. Setiap unit percobaan ini diamati 18 tanaman sampel. Hasil penelitian tidak memberikan pengaruh nyata pada semua peubah pengamatan vegetatif maupun generatif. Dari hasil penelitian ini tidak memenuhi hipotesa yang diajukan. Hal ini disebabkan karena nilai EC yang tidak terkontrol, kekurangan unsur hara, kondisi green house dan tidak adanya kesinambungan translokasi garam-garam mineral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 07:23
Last Modified: 19 Jul 2012 07:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item