DIMENSI KUALITAS JASA YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN BUS PAHALA KENCANA JURUSAN SUMENEP JAKARTA

SUTRISNO, SAHAR (2006) DIMENSI KUALITAS JASA YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN BUS PAHALA KENCANA JURUSAN SUMENEP JAKARTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
DIMENSI KUALITAS JASA.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, menfokuskan pada dimensi kualitas apa yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan bus Pahala Kencana jurusan Sumenep – Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengidentikasi dimensi kualitas jasa yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk menggunakan bus Pahala Kencana jurusan Sumenep – Jakarta. Secara teoritik dapat dijelaskan bahwa, terdapat lima dimensi kualitas jasa, diantaranya yaitu dimensi tangibel, reliability, responsivness, Assurance, dan emphati, yang merupakan dimensi kualitas jasa yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan bus Pahala Kencana jurusan Sumenep – Jakarta. Penelitian dilakukan di terminal Wiraraja Sumenep dan pengambilan sampel dilakukan secara convenien atau accidental, sedangkan data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden. Kuesioner disusun dalam bentuk skala Likerts dan data dianalisis menggunakan analisis faktor, variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan korelasi matrik, dari 20 variabel yang ada terdapat satu variabel yang tidak memenuhi syarat analisis lebih lanjut yaitu, variabel pengetahuan karyawan (X16). Setelah dilakukan ekstraksi dari 19 variabel yang tersisa, terbentuk tujuh faktor inti, yaitu faktor yang mempunyai nilai eigen value diatas 1.00. Sedangkan pada proses rotasi dengan option varimax terdapat tiga variabel yang tidak melewati cut of point (0.55), yaitu variabel tempat bagasi (X6), penanganan bagasi (X12), dan penanganan masalah (X14), sehingga hanya terdapat 16 variabel yang membentuk tujuh faktor inti. Ketujuh faktor tersebut adalah Dimensi kualitas jasa yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan bus Pahala Kencana jurusan Sumenep – Jakarta yang terdiri dari pelayanan fisik, kualitas karyawan, kenyamanan dalam perjalanan, fasilitas dan layanan tambahan, kehandalan, komunikasi dan jadual makan. Pembentukan dimensi kualitas tersebut mempunyai jumlah dan dimensi yang berbeda dengan teori yang dikemukakan oleh Parasuraman akan tetapi tidak bertentangan karena merupakan hasil pengembangan dari variabel teorinya Parasuraman. Dari keseluruhan dimensi tersebut dimensi pelayanan fisik merupakan dimensi yang paling dominan dipertimbangkan konsumen bus Pahala Kencana jurusan Sumenep – Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bus Pahala Kencana memelihara dan memperbaiki fasilitas fisik yang sudah ada dan pihak karyawan agar selalu diberikan pengarahan oleh pimpinan perusahaan untuk mendukung segala fasilitas yang ada dengan sikap dan interaksi yang baik dengan para penumpang bus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 07:12
Last Modified: 19 Jul 2012 07:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item