TANGGAPAN PEGAWAI TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI HUMAS DALAM PERUSAHAAN (Studi Pada Pegawai Perum Pegadaian Malang)

Safitri, Ririn Duhriyanti (2006) TANGGAPAN PEGAWAI TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI HUMAS DALAM PERUSAHAAN (Studi Pada Pegawai Perum Pegadaian Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TANGGAPAN_PEGAWAI_TERHADAP_PELAKSANAAN_FUNGSI_HUMAS_DALAM_PERUSAHAAN.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Public Relations (PR) atau hubungan masyarakat (HUMAS) merupakan bidang khusus dalam ilmu komunikasi, yang konsep dan penggunaannya selalu berkembang dari masa kemasa. Sebagai fenomena sosial dan sebagai kegiatan baku dalam masyarakat sebenarnya humas sudah ada sejak adanya peradaban manusia. Kegiatan tersebut ada setiap kali suatu pihak berusaha memperoleh penerimaan, kerja sama atau simpati dari pihak lain. Konsep awal dari Humas diatas, mengalami perkembangan seiring dengan makin kompleknya perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Peningkatan jumlah penduduk, serta tuntutan kesempatan kerja, urbanisasi dan lain-lain akan memasuki setiap organisasi, sehingga setiap urbanisasi selalu dalam penyesuaian diri dengan situasi lingkungannya. Fenomena penerapan fungsi humas dalam perusahaan khususnya lagi fungsi dalam berhubungan dengan publik pegawai (Employe Relation) dan sudut pandang teoritis kehumasan yang mengasumsikan bahwa tidak diterapkannya fungsi humas dalam perusahaan, akan mengakibatkan berbagai persoalan dengan publik perusahaan merupakan beberapa hal yang menjadi titik tolak ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih jauh bagaimana tanggapan pegawai terhadap fungsi humas dalam perusahaan terutama cara-cara yang di pakai oleh petugas humas dalam berhubungan dengan pegawai di Pegadaian. Dari latar belakang di atas, maka dibuat rumusan masalah penelitian adalah bagaimana tanggapan pegawai terhadap pelaksanaan fungsi humas dalam Perum Pegadaian? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tanggapan pegawai terhadap pelaksanaan fungsi Humas di Perum Pegadaian Wilayah Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yakni menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, factual dan akurat mengenai sifat-sifat serta hubungan antara fenomena-fenomena yang diselidiki Adapun teknik pengumpulan datanya memakai angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu menganalisa data dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang telah peneliti kumpulkan dan kemudian diinterpretasikan, maka dapat disimpulkan bahwa responden memberikan tanggapan tentang fungsi humas yang dilakukan Perum Pegadaian secara umum adalah baik atau positif. Hal ini dapat dilihat antara lain: 1. Tanggapan yang positif atau baik terhadap akan peran humas dalam proses komunikasi, pemanfaatan media, pembinaan, kegiatan internal, evaluas kerja humas, pemanfaatan kotak saran, dan bantuan yang diberikan oleh pimpinan atau atasan dalam menyelesaiakan permasalahan bawahan dimana masing-masing variabel ditanggapi secara positif oleh pegawai. 2. Demikian halnya dengan tanggapan responden terhadap humas dalam membina hubungan antara pimpinan dan pegawai dalam menciptakan, menjaga hubungan kerja yang baik dan harmonis antara pegawai dan pimpinan juga direspon secara positif oleh responden seperti dalam hal pertemuan rutin dalam membahas masalah internal yang menyangkut masalah internal pegawai, pemberian reward dan pelaksanaan KKB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:39
Last Modified: 19 Jul 2012 04:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item