PENGARUH TEMA HEADLINE PADA HARIAN JAMBI EKSPRES TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT Studi pada Pembaca harian Jambi Ekspres di Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi

MARDIANSYAH, IKMAL (2006) PENGARUH TEMA HEADLINE PADA HARIAN JAMBI EKSPRES TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT Studi pada Pembaca harian Jambi Ekspres di Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TEMA_HEADLINE_PADA_HARIAN_JAMBI_EKSPRES_TERHADAP_MINAT_BACA_MASYARAKAT_Studi_pada_Pembaca_harian_Jambi_Ekspres_di_Kecamatan_Muara_Tembes1.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Surat kabar merupakan salah satu media massa yang menjadi media favorit bagi masyarakat, karena suratkabar adalah suatu media yang bisa dijangkau dan dapat didokumetasikan oleh masyarakat. Dalam sebuah suratkabar terdapat beberapa halaman penting yang bisa menarik minat konsumen untuk membaca, yaitu halaman depan, halaman ketiga dan halaman terakhir. Pada halaman depan biasanya terdapat Headline atau berita utama. Headline merupakan unsur yang paling penting dalam setiap terbitan suratkabar, “Headline bekerja secara visual untuk menarik perhatian serta mengemban konsep komunikasi kreatif lainnya” (Muljana Pranata, Headlime, Fungsi dan Perancangannya. http//.puslit.Petra. ac.id/journal/design/). Jambi Ekspres adalah salah satu harian lokal terbesar yang banyak dikonsumsi masyarakat di propinsi Jambi, Khususnya Masyarakat di kecamatan Muara Tembesi. disamping beberapa suratkabar lainnya. Hal ini disebabkan oleh kualitas pemberitaan yang dianggap layak baca serta sarat akan informasi. Karenanya, jika Headline pada harian surat kabar Jambi Ekspres merupakan salah satu elemen penting dalam komunikasi yang bisa mempengaruhi minat baca masyarakat, maka muncul keinginan untuk melakukan penelitian tentang seberapa besar pengaruh Tema Headline pada harian Jambi Ekspres terhadap minat baca masyarakat di kecamatan Muara Tembesi. Ada beberapa teori yang dapat menjawab beberapa persoalan efek komunikasi massa. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan The Uses and Gratifitation theory atau yang lebuh dikenal dengan teori pengunaan dan pemuasan. Teori menjelaskan fenomena bahwa khalayak sebagai seorang yang aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi teori Uses dan Gratification tidak tertarik pada apa yang dilakukan media kepada khalayak, tetapi tertarik pada apa yang dilakukan orang kepada media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh masyarakat dilingkungan Kecamatan Muara tembesi yang membaca surat kabar Jambi Expres, yaitu berjumlah 500 orang. Sedangkan teknik penentuan sampel sendiri, peneliti menggunakan rancangan sampling non probabilitas yaitu accidental sampling (sampling kebetulan), dengan menggunakan tabel Yamane (Rakhmat, 1997, 82) diperoleh sebanyak 83 orang. Untuk teknik pengumpulan data, digunakan angket sebagai alat pengumpul data pokok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian melalui perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas yaitu tema headline pada harian Jambi Ekspres terhadap variabel terikat yaitu minat baca masyarakat sebesar 0. 436 . Untuk mengetahui pengaruh tema headline pada harian Jambi Ekspres signifikan atau tidak maka dilakukan pengujian F-test atau t test. Dengan hasil regresi linier didapat nilai F hitung sebesar 21.057, sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan nilai sebesar 3.96. Hal tersebut berarti F hitung lebih besar dari F tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap minat baca masyarakat. Dari hasil analisa regresi linier juga didapat nilai statistik t variabel pengaruh minat baca masyarakat sebesar 4. 589. Sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 0.05 didapat nilai sebesar 2.00. sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tema headline pada harian Jambi Ekspres mempunyai pengaruh terhadap minat baca masyarakat sebesar 20.6 %, dan sisanya 79. 4% minat baca masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 03:43
Last Modified: 19 Jul 2012 03:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item View Item